Harita Nickel Salurkan Bantuan Hewan Kurban di Pulau Obi

by
Perusahaan tambang yang beroperasi di Maluku Utara (Malut) menyalurkan penyembelihan hewan kurban bagi masyarakat dalam momentum perayaan Idul Adha 1442 Hijriah, Selasa (20/7/2021). (FOTO ANTARA/Abdul Fatah)

TERASMALUKU.COM,-TERNATE, Perusahaan tambang yang beroperasi di Provinsi Maluku Utara (Malut) menyalurkan penyembelihan hewan kurban bagi masyarakat dalam momentum perayaan Idul Adha 1442 Hijriah tahun 2021.

Community Development Manager Harita Nickel, Eksa Santika di Ternate, Selasa, menyatakan, penyembelihan hewan kurban di desa-desa Pulau Obi merupakan program yang sudah berlangsung lama dan berjalan setiap tahun. Program ini merupakan bentuk partisipasi perusahaan sebagai bagian dari masyarakat Obi.

“Kurban ini rutin ada setiap tahun. Semoga kegiatan baik ini dapat terus berlangsung dan kurban yang dilakukan dapat membantu masyarakat, terutama di saat pandemi seperti ini,” katanya.

“Selamat Idul Adha, semoga kita semua semakin peduli terhadap sesama dan Indonesia, khususnya Maluku Utara dapat segera terbebas dari pandemi ini,” tambahnya.

Ia menjelaskan penyerahan hewan kurban merupakan program tahunan perusahaan, di mana pada Idul Adha 1442 H kali ini, penyerahan hewan kurban juga diikuti dengan penyerahan santuan bagi anak yatim. Santunan tersebut diberikan kepada 177 anak yatim di dua desa, yakni Desa Anggai dan Sambiki.

Lalu, perusahaan menyerahkan 14 ekor sapi kepada masyarakat di Pulau Obi dan Masjid Kesultanan Bacan, Halmahera Selatan, dan penyaluran hewan kurban dimulai secara bertahap sejak 13 Juli lalu hingga hari ini.

Sebanyak 13 ekor sapi dibagikan di desa-desa Pulau Obi yaitu Desa Kawasi, Soligi, Wayaloar, Laiwui, Jikotamo, Buton, Akegula, Desa Baru, Sambiki, Anggai, Fluk, Gambaru, dan Kelo. Sementara 1 ekor sapi diserahkan kepada Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Kesultanan Bacan. Keseluruhan hewan kurban akan disembelih dan dibagikan kepada masyarakat saat Idul Adha yang jatuh pada 20 Juli 2021.

Sementara itu tokoh Agama Desa Soligi La Hamina mengatakan bahwa penyerahan sapi ini adalah bukti kepedulian perusahaan itu terhadap hari besar umat Islam. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada perusahaan atas kurban yang akan dilakukan di Desa Soligi.