Hasanussi Sebut Hanura Kubu Payapo Tidak Berhak PAW Dirinya

by
Ayu Hasanussi

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Kabar Pergantian Antar Waktu (PAW) Ketua Fraksi Hanura Ayu Hasanussi di DPRD Maluku pekan depan, mendapat tanggapan keras dari Ayu Hasanussi, Ketua DPD Partai Hanura Maluku versi Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub).  Dia menilai , sesuai dengan putusan PTUN, maka Hanura versi Munaslub lah yang sah.

Sebab menurutnya, lewat putusan PTUN telah memerintahkan Menteri Hukum dan HAM menunda pelaksanaan Surat Keputusan Kepengurusan Hanura dibawah Ketua Umum Oesman Sapta Odan (OSO) dan Sekjen Herry Lontung Siregar.

“Keputusan PTUN telah keluar. Dan itu artinya Hanura versi Munaslub lah yang sah dimata hukum dan negara, sementara mereka (kubu Yasin Payapo, Ketua DPD HANURA Maluku) itu sudah tidak sah atau ilegal. Lantas, bagaimana mereka akan PAW saya sebagai Ketua Fraksi,” kata Hasanussi kepada wartawan  di Kantor DPRD Maluku Rabu (28/3).

Untuk itu, Hasanussi menegaskan, sesuai dengan penetapan PTUN Nomor: 24/G/2018/PTUN-JKT, tertanggal 19 Maret 2018, tentang penundaan SK Menkumham tersebut, maka paripurna PAW dirinya sebagai Ketua Fraksi Hanura di DPRD Maluku harus dibatalkan.“Tidak ada yang bisa menggantikan saya, apalagi keputusan PTUN sudah keluar dan telah mengabulkan gugatan kami. Pokoknya proses paripurna tentang PAW saya sebagai Ketua Fraksi Hanura tidak bisa dilanjutkan,” tegasnya.

Bukan hanya itu, lanjut Hasanussi dengan hasil PTUN maka yang berhak membuka pendaftaran bagi bakal calon legislatif (Caleg) Partai Hanura Maluku tersebut adalah pihaknya. Bukan pihak yang telah ditunda SK Menkumhamnya. “SK Menkumham sudah ditunda, maka dari itu yang berhak membuka pendaftaran Caleg 2019, menandatangani berkas Caleg dan berbagai urusan partai lainya adalah saya selaku Ketua DPD Hanura Maluku versi Munaslub,” katanya.

Dia mengaku, dalam waktu dekat pihaknya sudah akan kembali membuka proses pendaftaran bagi bakal  Caleg untuk DPD Hanura Maluku serta akan menghimbau seluruh DPC Hanura se Maluku untuk membuka pendaftaran Caleg. “Setelah kami melakukan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Hanura tanggal 5 sampai 6 April 2018 yang bertempat di Bambu Apus Jakarta, baru saya akan kembali datang dan membuka proses pendaftaran Caleg,” tandasnya.(IAN)