Hasil Uji SNI, Tidak Ada Beras Plastik di Masohi  

by
Hasil uji lab BPOM Ambon buktikan tidak ada beras bulog plastik dan aman dikonsumsi, (18/2). FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Hasil uji laboratorium terhadap SNI beras oleh Balai Pengawas Obat dan Makanan terhadap beras Bulog dari Masohi Kababupaten Maluku Tengah (Malteng) terbukti tidak mengandung plastik. Dijelaskan, tidak ada beras plastik atau bahan lain selain biji beras yang aman dan layak konsumsi.

“Tidak ditemukan benda asing dalam beras tersebut, baik kerikil, serpihan, maupun plastik. Jadi kesimpulannya beras tersebut (sampel beras yang diterima BPOM) masih layak konsumsi, tidak mengandung plastik,”  kata Kepala Balai POM Cabang Ambon, Hariani Selasa (18/2/2020).

Beras yang disebut sebagai beras plastik itu diambil oleh aparat Polres Malteng dan diserahkan ke BPOM Senin (17/2/2020). Sampel itu lalu diuji di lab. Hasil uji lantas diserahkan kepada pengirim sampel beras yaitu polres Malteng. Pengujian dilakukan terhadap SNI beras tahun 2015.

BACA JUGA: BPOM Tidak Temukan Butiran Plastik Beras

“Tadi siang hasil diserahkan sekitar jam 14. Berdasarkan hasil koordinasi dengan perwakilan polres dan perindag malteng, nanti akan dilakukan sosialisasi dengan fasilitas mobil penerangan dinas infokom malteng,” lanjut Hariani menindaklanjuti hasil tersebut.

loading...

Sosialisasi dilakukan agar masyarakat tidak lagi cemas dan tetap emngkonsumsi beras bulog seperti biasa. Begitu juga dengan pedagang agar tidak dirugikan dari kabar bahwa beras bulog adalah beras plastik.

Heriani dan BPOM tengah merencanakan untuk hal itu. sebab saat ini mereka sedang berfokus pada pengawasan ke daerah-daerah yang angka stunting tinggi. “Dan tindaklanjut oleh organisasi perangkat daerah (OPD) terkait di lokasi sudah cukup memadai sehingga tidak perlu BPOM ke lapangan lakukan inspeksi langsung karena sudah ditangani pemda setempat,” tutupnya. (PRISKA BIRAHY)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *