Hati-Hati BPOM Temukan Krim Palsu dari Merek Ternama

by
Produk sitaan palsu dengan kemasan dan isian berbeda dimusnahkan BPOM Ambon, sore (17/9). FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,AMBON,-Dalam proses pemusnahan, pihak BPOM membeberkan ada temuan di sejumlah sarana yang sengaja menjual produk kosmetik palsu. Mereka mendapati salah satu merek dagang ternama dengan kemasan dan isian berbeda. Produk kosmetik itu berupa krim malam dan pagi dengan merek dagang Citra.

Loading...

 

Ada ratusan kemasan yang dibungkus rapi. Sepintas orang akan mengira itu adalah krim dari merek tersebut. Namun begitu dibuka, kemasan dalam merupakan krim racikan berwarna kuning dalam wadah oranye. Produk-produk itu disita dari sarana yang ada di seputaran ruko pasar Amans Ambon.

Jumlahnya ada ratusan yang dimusnahkan sore tadi. Acap kali pemilik toko mengelabuhi dan meyakinkan pembeli dengan menjual produk serupa.

“Bungkusnya saja citra tapi dalamnya tidak. Hati-hati kalau beli. Ini kan produk lama dan semua orang tahu, kalau jeli pasti tahu ini palsu,” tegas Kepala BPOM Maluku, Heriani sore (17/9/2019) sambil membuka bungkusan produk sebelum dihancurkan.

Pelanggaran lain yakni menyertakan nomor izin edar dari Depkes yang keliru dan tidak melekat pada kemasan primer. Seperti pada produk susu penambah berat badan merek sarang walet.

“Ini ada nomor registrasi depkes tapi terdaftar untuk produk berbeda bukan susu. Jadi hati-hati. Kan sekarang sudah bisa cek. Jadi konsumen bisa masukan nomornya di aplikasi untuk pastikan,” imbuh Heriani.

Yang cukup mencengangkan berdasar hasil uji laboratorium, pihaknya menemukan ada kandungan Dexamethasone.  

Kandungan ini tergolong obat kortikosteroid atau obat yang mengandung hormon steroid yang berguna untuk menambah hormon steroid dalam tubuh.

Orang yang mengkonsumsi susu dengan kandungan ini akan langsung mendapat hasil instan. Berat badan bertambah dalam waktu singkat dan langsung terlihat perubahan. Sayangnya perlu diperhatikan, susu yang ada Dexamethasone jika diminum dalam waktu lama punya efek samping pengeroposan tulang.

Masyarakat diharapkan waspada dan tidak mudah tergiur untuk menggemukan badan dengan hasil singkat. Teliti dan pastikan suatu produk sebelum dikonsumsi. (PRISKA BIRAHY)