Luas Tanam Tercapai, Kodim 1506 Namlea Terima Penghargaan Mentan

by

AMBON- Kodim 1506 Namlea mewakili Provinsi Maluku  memperoleh piagam penghargaan dari Kementrian Pertanian  (Kementan) sebagai pemenang lomba  pencapaian target luas tanam masa  tanam bulan Oktober 2015  hingga  Maret 2016.

Piagam penghargaan tersebut diberikan Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman saat rapat evaluasi Upsus Kementan di Balai Kartika Jakarta, yang dihadiri Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kasad Jenderal TNI Mulyono,Aster Kasad,  para Kepala Dinas Provinsi, kabupatean dan kota serta para Asisten Kodam se Indonesia akhir Mei lalu.

Pencapaian luas tanam itu tercapai tidak lepas dari peran Kodim 1506 Namlea, Pulau Buru  sebagai pendamping Upsus pertanian.  Komandan Kodim (Dandim) 1506 Namlea Letkol Inf Faisal Rizal  menyampaikan beberapa  point tercapainya target luas tambah tanam  antara lain, realisasi target luas tanam seluas 5.214 Ha Kabupaten Buru Surplus 178 Ha.

Adanya penutupan tambang emas di Gunung Botak oleh TNI  mengakibatkan petani yang tadinya beralih profesi ke tambang sekarang telah kembali melaksanakan aktifitas menanam di lahan sawah.

Selain itu menurut Faisal, adanya keterlibatan TNI yang selalu mendampingi petani sehingga berbagai hambatan di lapangan dapat segera teratasi dengan baik.  Disamping itu adanya bantuan pembangunan irigasi baik dari Kementerian Pertanian, Balai Wilayah Sungai dan Dinas Pekerjaan Umum sangat berkontribusi terhadap ketersediaan air di lahan sawah sehingga luas tanam dapat tercapai.

“Pencapaian prestasi ini tidak lepas dari kerjasama dan semangat semua insan pertanian di Provinsi Maluku dan Kodam XVI/Pattimura khususnya Kodim 1506/Namlea sebagai satuan teritorial di Kabupaten  Namlea,” kata Faizal kepada Terasmaluku.com Selasa (7/6). ADI

BACA JUGA :  PLN Yakin Capai Target, Puluhan Desa Terpencil Terlistriki