Lestarikan Alam, KPU RI Tanam Pohon Demokrasi di Ambon

by
Komisioner KPU RI menanam pohon demokrasi di Ambon

AMBON- Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan penanaman pohon demokrasi  di kawasan  Tugu  Pahlawan Nasional C.M.Tiahahu di Karang Panjang Kota Ambon, Rabu (27/7). Penanaman pohon ini  sebagai simbol  untuk mensukseskan pesta  demokrasi di Indonesia serta upaya  melindung dan melestraikan alam.

Komisioner KPU RI Sigit Pamungkas mengatakan,  penanaman pohon ini merupakan tradisi yang dilakukan KPU untuk mengingatkan banyaknya pohon  yang hilang dalam proses berdemokrasi. Setiap surat suara dan formulir-formulir yang digunakan dalam setiap  pemilu dan Pilkada menghabiskan banyak kertas, yang bersumber dari pohon.

“Kenapa kita menanam pohon, bukan tanam saham atau  menanam bunga, karena aktivitas kepemiluan  yang kita jalankan tidak  jauh dari pohon. Kertas suara, formulir  yang digunakan berasal dari pohon yang ditebang. Selain dimanfaatkan untuk kebutuhan tugas kita, pohon juga harus kita lestarikan dengan melakukan penanaman ini,” kata Sigit sebelum melakukan aksi penanaman pohon itu.

Ia menyatakan, konsekuensi dari pesta demokrasi tersebut, banyak pepohonan yang ditancapin paku-paku selama masa kampanye. Banyak pihak yang memasang alat peraga kampanye di pohon-pohon, sehingga menimbulkan kerusakan.

“Banyak manfaat dari menanam pohon, meskipun kita tidak bisa menikmati, anak cucu kita yang akan menikmati, menanaman pohon juga  sangat penting untuk menjaga alam sekitarnya dari kerusakan lingkungan,” katanya.

Hal yang sama juga  disampaikan Komisioner KPU RI, Arif Budiman. Ia  menyatakan, tradisi menanam pohon ini sebagai wujud  syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas berkah dan kekayaan alam termasuk  hasil tumbuhan dan pohon untuk membuat logistik pemilu.

“Menanam pohon itu sangat  bermanfaat bagi siapapun, baik yang hidup maupun yang sudah mati, yang bisa berpikir maupun yang tidak bisa berpikir.Penanaman pohon ini merupakan upaya KPU untuk tetap melestarikan pohon dan lingkungan,” kata Arif.

Hadir dalam penanaman pohon ini,  Komisioner KPU RI Ferry Kurnia Rizkyansyah dan Sekjen KPU RI, Arif Rahman Hakim. Penanaman pohon demokrasi ini merupakan bagian dari kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Terpadu Penyelenggaraan  Pilkada 2017 yang digelar KPU RI di Kota Ambon sejak Senin (25/7) hingga Rabu (27/7).

Selain dilakukan komisioner KPU RI, penanaman pohon  juga dilakukan komisioner KPU Provinsi dan kabupaten/kota di Maluku, serta KPU provinsi dan kabupaten/kota  lainnya, peserta Bimtek  dari wilayah timur. Yakni, Sulawesi,  Maluku Utara, Papua, Papua Barat,  Nusa Tenggara Timur  dan Bali. ADI