Rabu ini, SATUHATI Mendaftar ke KPU Kota Ambon

by

AMBON-Pasangan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Ambon  jalur perseorangan  Elsina Latuheru Syauta dan M. Azis Tunny,  dengan icon SATUHATI direncanakan Rabu (10/8) siang ini akan menyerahkan berkas syarat dukungan ke KPU Kota Ambon di kawasan  Desa Paso.

Rabu ini merupakan hari terakhir penyerahan syarat dukungan pasangan calon perseorangan ke KPU Kota Ambon untuk bertarung dalam Pilkada Kota Ambon 2017.  “Insya Allah jam 14.00 WIT  katong ke KPU (serahkan berkas syarat dukungan),” kata Azis Tunny saat dihubungi Terasmaluku.com, Rabu pagi. Ia menyatakan berkas yang akan diserahkan ke KPU Kota Ambon adalah foto copy dukungan KTP dan rekapannya. Pasangan ini akan datang bersama para pendukungnya.

Sekretaris KPU Kota Ambon Polly Lekatompessy menyatakan pasangan SATUHATI sudah berkoordinasi dengan KPU  untuk datang menyerahkan berkas dukungan pada Rabu ini. Ia menyatakan sejak dibuka Sabtu (6/8) belum ada satupun pasangan bakal  Calon Walikota dan Wakil Walikota Ambon dari jalur perseorangan yang menyerahkan berkas dukungan ke KPU Ambon.  “Rencananya ada satu pasangan calon yang mau mendaftar Rabu  ini, tapi jamnya belum ditentukan,” kata Polly.

Sebelumnya Ketua KPU Kota Ambon Martinus Kainama menyatakan, sesuai Peraturan KPU RI Nomor 9 Tahun 2015, syarat dukungan setiap pasangan calon yakni 8,5 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilpres.

Kainama menyatakan, merujuk pada DPT Pilres di Kota Ambon 265.747 pemilih, maka syarat dukungan yang harus diserahkan ke KPU Kota Ambon oleh calon perseorangan yakni 22.589 lembar foto copy KTP.“Setelah mereka menyerahkan syarat dukungan berupa foto copy KTP tersebut, kita langsung memverifikasi termasuk sebaran dukungan dari foto copy KTP yang diserahkan itu,” kata Kainama.

Ia menyatakan  juga  menyatakan sebaran dukungan di tingkat kecamatan diatas 50 persen. Itu berarti pasangan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Ambon  jalur perseorangan harus mendapat dukungan berupa  foto copy KTP di tiga kecamatan.

“Karena di Kota Ambon hanya ada lima kecamatan, maka calon persorangan harus mendapat dukungan tiga kecamatan dengan jumlah 22.589 foto copy KTP. Kalau mereka hanya mendapat dukungan di dua kecamatan, maka dengan sendirinya dinyatakan tidak memenuhi persyaratan,” katanya. ADI