Pesta Teluk, Promosi Wisata Ambon Digelar

by
Gubernur usai mengikuti Parade Perahu di Teluk Ambon dalam rangka Pesta Teluk

AMBON-Untuk mempromosikan potensi wisata Bahari dan menarik wisatawan  berkunjung ke Kota Ambon, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pemprov Maluku menggelar Pesta Teluk Ambon. Gubernur Maluku Said Assagaff,  Kamis (8/9) sore membuka Pesta Teluk ini  di Lapangan Upacara Polda Maluku di kawasan Tantui Ambon.

Pesta Teluk yang berlangsung hingga Sabtu (10/9) ini juga akan digelar sejumlah lomba, diantara lomba mancing dan lomba perahu dan lomba manggurebe  perahu belang  di Teluk Ambon, yang menjadi daya tarik wisata Bahari di Ambon.

Gubernur menyatakan, Pesta Teluk Ambon kali ini berdeda dengan tahun-tahun sebelumnya, ini kali pertama digelar  setelah  Jembatan Merah Putih (JMP) diresmikan Presiden Joko Widodo. JMP yang membentang diatas Teluk Ambon ini menjadi icon pariwisata baru di Ambon secara khusus dan Maluku secara umum.

Keberadaan JMP menjadi daya tarik  bagi  pelaksanaan Pesta Teluk Ambon, karena pemandangannya indah  baik dari atas JMP yang  dapat  melihat langsung Teluk Ambon maupun dari bawah jembatan. Berbagai kegiatan Pesta Teluk juga melintasi bagian bawah JMP.  “Teluk Ambon ini menjadi tempat keluar masuk kapal, sejak jaman Portugis, Teluk Ambon sudah terkenal. Apalagi setelah ada Jembatan Merah Putih, ini icon baru pariwisata  yang bisa kita jual untuk menarik wisatan berkunjung ke daerah kita ini,”katanya.

Karena itu gubernur minta Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pemprov Maluku harus kreatif mengemas potensi wisata Bahari Teluk Ambon dengan JMP tersebut. Warga juga diminta menjaga laut, tidak membuang sampah di Teluk Ambon. Karena selain merusak biota laut, juga mengotori Teluk Ambon.

Gubernur berharap Pesta Teluk ini  bisa memberikan dampak positif tidak hanya bagi kunjungan wisatawan ke Maluku  tapi juga untuk ekonomi  usaha kreatif, sehingga mendatangkan keuntungan bagi masyarakat.”Saya juga mengajak masyarakat untuk menjadi pelaku wisata, mari kita jaga kebersihan lingkungan dan memberikan kenyamanan bagi wisatawan, sehingga dengan begitu saya yakin kunjungan wisatawan ke Maluku terus bertambah,” katanya.

Hadir dalam acara ini, Pangdam 16 Pattimura Mayjen Donni Monardo, Kapolda Maluku Brigjen Ilham Salahudin, Penjabat Walikota Ambon Frans Papilaja serta  perwakilan wisatawan manca negara. Pembukaan Pesta Teluk juga disertai Lauching Hari Pers Nasional di Kota Ambon. Setelah membuka Pesta Teluk, gubernur bersama para pejabat ikut dalam  parade di Teluk Ambon dengan puluhan perahu dan kapal.   ADI