Ratusan Jamaah Haji Maluku Tiba Ambon

by
Jamaah haji asal Maluku tiba di Bandara Pattimura Ambon Kamis (6/10) pagi

AMBON-Ratusan Jamaah haji asal Provinsi Maluku, Kamis (6/10) pagi tiba di Kota Ambon dengan dua kali penerbangan. Saat mendarat di Bandara Pattimura Ambon, rombogan jamaah haji disambut Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Maluku Faisal Mosaad, pejabat Pemprov Maluku dan TNI/Polri. Sejumlah jamaah haji langsung sujud syukur saat turun dari pesawat karena tiba dengan selamat di daerah asal mereka.
Para jamaah haji Maluku ini diterbangkan dari embarkasi Makassar dengan dua kali penerbangan. Faisal menyatakan, pesawat pertama mendarat sekitar pukul 06.37 WIT dengan membawa 155 jamaah haji, disusul pukul 07.15 WIT dengan membawa 133 jamaah, tergabung dalam kloter 12.
Dengan demikian jamaah haji Maluku yang sudah tiba di Ambon berjumlah 288 orang dari total jamaah haji Maluku 569 orang. “Jamaah haji yang sudah tiba di Ambon berjumlah 288 orang. Mereka menggunakan dua kali penerbangan dari embarkasi Makassar, penerbangan pertama membawa 155 orang, penerbangan kedua 133 orang,” kata Faisal Mosaad kepada Terasmaluku.com
Dari Bandara Pattimura, jamaah haji asal Kota Ambon dibawa ke Masjid Raya Al-Fatah Ambon dan langsung pulang ke rumah masing-masing. Sedangkan jamaah haji asal daerah lainnya dibawa ke Balai Diklat Keagamaan Kota Ambon serta sejumlah hotel, menunggu dipulangkan ke daerah asal mereka.
Ia menyatakan, dari 569 jamaah haji Maluku, tersisa 281 jamaah haji di Makassar yang tergabung dalam kloter 13, mereka akan diterbangkan ke Kota Ambon pada Jumat (7/10) pagi. Jamaah haji itu berasal dari Kota Tual, Maluku Tenggara, Kepulauan Aru dan sebagian Maluku Tengah. Faisal juga menyatakan, selama musim haji tahun ini, tidak ada jamaah haji asal Maluku yang meninggal saat menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah. “Alhamdulillah tidak ada yang meninggal selama menunaikan ibadah haji, kalau sakit memang ada tapi bisa diatasi,” katanya. ADI