Paslon Walikota dan Wawali Ambon Dikawal 24 Jam

by
Dua pasangan calon Walikota dan Wawali Ambon

AMBON- Dua pasangan calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota (Wawali) Ambon mendapat pengawalan melekat dari aparat Polres Pulau Ambon dan Pulau – Pulau Lease. Satu calon walikota atau wawali mendapat pengawalan delapan personil dan dilakukan 24 jam secara bergantian. “Setelah KPU Kota Ambon tetapkan paslon, kita langsung lakukan pengamanan melekat. Tiap calon mendapat pengawalan delapan personil, mereka dikawal selama 24 jam secara bergantian oleh anggota kami,” kata Kapolres Pulau Ambon dan Pulau –Pulau Lease AKBP Harold Huwae kepada Terasmaluku.com, Kamis (27/10).
Ia menyatakan, personil kepolisian yang terlibat pengawalan paslon itu sudah disiapkan sebelumnya oleh Polres Pulau Ambon. Personil yang tergabung dalam pengawalan paslon ini dipersenjatai dan memiliki kemampuan berbeda seperi fungsi Brimob, reserse, lalu lintas, inteljen dan sabhara. Jumlah tersebut bisa ditambah lagi jika dirasa kurang, termasuk pengamanan untuk anggota keluarga paslon. Dengan pengawalan ini agar memudahkan setiap paslon untuk melakukan aktivitas politik mereka termasuk saat berkampanye.
Kapolres juga menyatakan, pihak sudah memberikan arahan kepada anggota yang terlibat pengamanan untuk netral tidak memihak kepada paslon yang dikawal tersebut. “Tugas mereka menjaga keamanan dan keselamatan paslon, anggota bukan jadi tim sukses dan kami sudah berikan pengarahan kepada anggota,” katanya. Pengamanan terhadap paslon dilakukan hingga berakhirnya pelaksanaan Pilkada 15 Februari 2017 nanti. Pilkada Kota Ambon sendiri diikuti dua paslon, yakni Richard Louhenapessy – Syarif Hadler (Paparisa BARU) dan Polly Kastanya- M.A.S. Latuconsina (PANTAS). ADI