Survei SDI : RAMA Ungguli BARU di Pilkada Buru   

by

 

AMBON-  Lembaga Survei Sinergi Data Indonesia (SDI) merilis hasil survei elektabilitas pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Buru yang akan bertarung dalam Pilkada 15 Februari nanti. Hasil survei lembaga ini yang dilakukan sejak 12 hingga 19 Januari 2017 menempatkan pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Buru,  Ramli Umasugi-Amus Besan atau RAMA  unggul 66,82 persen   dari  pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati  Bakri Lumbessy- Amrullah  Madani Hentihu   atau BARU  yang memperoleh 21,14 persen dalam Pilkada nanti.

“Pasangan RAMA masih unggul sementara dari hasil survei SDI.Yakni, unggul sebesar 66,82 % dari paslon Bakri Lumbessy-Amrullah Madani Hentihu   sebesar 21,14%,”kata Peneliti SDI Imam Suherman dalam keterangan pers di Ambon, Senin (30/1).

Hasil ini kata Suherman,berdasarkan elektabilitas dan segmen dukungan pemilih.Beberapa unsur yang termasuk didalamnya adalah gender dan umur,agama dan suku,pendidikan dan pendapatan,pekerjaan serta pemilih partai.”Suara Pasangan RAMA tinggi dari tingkat popularitas dan kesukaan,pemilih loyal,kepuasaan kinerja sebagai petahana,kepribadian,pelaksanaan good governance,keberhasilan dalam pembangunan,berpengalaman dan masyarakat setuju Ramli Umasugi kembali menjabat,”jelasnya.

Dalam posisi head to head, calon petahana Ramli Umasugi tetap unggul 66,82 persen dari Bakri Lumbessy yang memperoleh 21,59 persen. Sekedar diketahui,temuan survei terbaru mengangkat topik matahari tunggal Pilkada Buru.Melalui enam metologi.Diantaranya,waktu lapangan,metode multistage random sampling,responden sebanyak 440 orang,margin of eror sebesar 4,77%,instrumen melalui kuesioner dan wawancara tatap muka.(DED)