Kemensos Gandeng UKIM Buat Desa Sejahtera Mandiri

by
Mensos dan Rektor UKIM usai penandatangan MOU di Kampus UKIM, Kamis (9/2). Foto : IAN

 

AMBON- Kementerian Sosial (Kemensos) menggandeng Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) untuk menjadi mitra strategis agar menyiapkan desa sejahtera mandiri. Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dan Rektor UKIM  Cornelis Adolf. Alyona mendatangani MOU kerjasama antar kedua lembaga itu.

“Kami mengambil posisi untuk membangun kemitraan dengan perguruan tinggi, dan  UKIM, perguruan tinggi ke 16 yang kami harapkan menjadi mitra untuk menyiakan desa supaya menjadi desa sejahtera mandiri,” kata Mensos usai penandatanganan kerjasama yang dipusatkan di Aula Kampus UKIM Ambon, Kamis (9/2).

Mensos mengatakan, data dari Badan Pusat Statistik (BPS), kemiskinan di desa dua kali lipat dari kemiskinan yang ada di Kota. “Kita temukan dari September 2016 kemiskinan di desa lebih tinggi dua kali lipat dibandingkan di kota. Kalau di desa itu 13,9 persen sedangkan di Kota 7,7 persen dari kemiskinan nasional,” kata Khofifah.

Ia menyatakan, KKN yang digelar oleh  UKIM Ambon akan masuk ke desa-desa yang tidak terjangkau oleh pelayanan publik. Hal ini yang pihaknya lakukan untuk menyisir supaya pemerataan pembangunan bisa lebih cepat karena ini merupakam nawa cita Indonesia untuk dapat membangun dari desa dan pinggiran. “Yang di desa, pinggiran, dan pulau-pulau terpencil itu tidak mudah untuk mendapatkan pelayanan publik. Olehnya itu, KKN yang telah diprogramkan kampus akan diterjunkan di desa tersebut secara terus menerus sampai desa itu bisa menjadi desa sejahtera mandiri,” ujarnya.

Kementerian Sosial, kata Khofifah akan mendukung jika masih ada rumah yang tidak layak huni, anak-anak yang tidak punya Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan keluarga yang kurang mampu yang belum mempunyai Kartu Indonesia Sehat (KIS), Maka melalui Program KKN ini tugas kementerian sosial adalah mengkoordinasikan supaya kebutuhan dasar di desa itu akan terpenuhi. “Ada sekitar 10 desa di maluku yang menjadi usulan untuk menjadi desa sejahtera mandiri dan hanya difokuskan untuk desa yang hanya menjadi tempat KKN UKIM,” kata  khofifah. (IAN)