Pemkot Ambon Ingatkan Kepala Desa Soal Dana Desa

oleh
oleh
Anggranoto Ura saat memberikan sosialiasi

AMBON – Pemerintah Kota (Pemkot)  Ambon menggelar sosialisasi dana desa dan alokasi dana desa kepada  kepala desa/negeri dan sekretaris desa/negeri se-Kota Ambon, Senin (20/2).  Asisten I Pemkot Ambon Anggranoto Ura dalam sambutannya menyatakan dana desa tahun 2017 yang diberikan untuk Kota Ambon adalah 28.484.161.000 yang diperuntukan untuk 5 Kecamatan dan 30 Desa.

Para kepala desa diingatkan untuk menggunakan dana desa dengan sebaik – baiknya.   “Dana yang dikucurkan untuk ke desa harus digunakan sebaik-baiknya sesuai dengan peraturan Perundang-undangan yang berlaku, jangan sampai salah digunakan,” kata Ura.

Olehnya itu, kata Ura, pengawasan harus ditingkatkan baik dari masyarakat maupun pemerintah. Sehingga peraturan yang ditetapkan bisa terselesaikan dengan mutu dan kualitas yang baik. Ia melanjutkan, dalam pelaksanaan program atau kegiatan harus mengacu pada peraturan yang berlaku dan jadwal kegiatan. Sebab, semua itu yang menentukan kapan waktu kegiatan dapat terselesaikan dengan baik.

“Kalau sudah ditetapkan waktunya maka kita harus bekerja konsisten dengan waktu yang ada, jangan sampai terlambat karena hal itu akan mempengaruhi proses pencairan dana tahun berikutnya,” ujarnya. Ia mengatakan, untuk menjalankan program sesuai dengan rencana maka harus meningkatkan pengawasan agar program yang direncanakan dapat berjalan sesuai dengan rencana.

Selain itu, masalah pertanggungjawaban dana desa juga harus diperhatikan, jangan sampai laporan terlambat atau tidak sesuai dengan apa yang telah ditetapkan. Hal ini juga bisa mempengaruhi pencairan dan berikutnya.

Ia menambahkan, progarm yang dijalankan itu harus skala prioritas, artinya harus melakukan program sesuai dengan kebutuhan yang mendesak. “Tapi kalau dana itu mencukupi maka harus jalanlan seluruhnya,” katanya. Ia berharap, untuk tahun 2017 permasalah yang dihadapi terkait alokasi dana desa di tahun sebelumnya tidak terulang lagi.(IAN)

BACA JUGA :  Ke DPRD Maluku, Kapolda Jelaskan Bentrokan Polisi dan Warga Tamilouw

No More Posts Available.

No more pages to load.