Tahun 2023,  Ambon Terbebas  Dari  Penyakit Malaria

by

AMBON-Pemerintah Kota Ambon menargetkan  pada 2023,   Kota Ambon harus terbebas dari penularan penyakit malaria. Hal ini dilakukan untuk mengurangi angka kematian yang terjadi akibat penyakit tersebut.

“Sesuai dengan target Kementerian Kesehatan bahwa Indonesia harus bebas dari malaria di tahun 2030, maka  Kota Ambon tahun 2023 harus terbebas dari penularan penyakit tersebut, ” kata Sekretaris Kota Ambon A.G Latuheru dalam sambutannya membuka penyusunan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kota Ambon tentang eliminasi malaria pada  Jumat (21/4).

Menurutnya, untuk mencapai eliminasi malaria di tahun 2023, maka harus ada Peraturan Daerah di Kota Ambon, yang mengatur tentang eliminasi malaria. Karena penyakit malaria bukan hanya tanggung jawab sektor kesehatan tapi menjadi tanggung jawab seluruh masyarakat Kota Ambon.

“kita semua punya tanggung jawab untuk memberantas penularan penyakit malaria, sehingga Kota Ambon bisa terbebas dari penularan penyakit tersebut,” kata Latuheru.

Ia menyatakan, eliminasi malaria merupakan suatu kegiatan menghentikan penularan malaria dalam suatu wilayah geografis tertentu agar tidak ada lagi kasus malaria yang terlaporkan di setiap daerah. “Eliminasi itu tidak ada lagi kasus baru, namun kasus impor mungkin tetap ada sehingga tetap dibutuhkan kegiatan untuk mengatasinya,” katanya.

Dari data yang diperoleh dinas Kesehatan Kota Ambon, angka parasit tahunan di Kota Ambon cenderung menurun dari tahun ke tahun. Pada tahun 2014 penyakit malaria di Kota Ambon 4,13 persen, tahun 2015, turun menjadi  3,26 persen, dan tahun 2016 turun lagi hingga  3,14 persen. (IAN)