Polres Malra Gandeng GP Ansor Dan Banser Jaga Kamtibmas

by
Kapolres Malra bersama anggota GP Ansor dan Banser usai silaturahmi di Polres. FOTO : DIN (TERASMALUKU.COM)

TUAL-MARKAS Kepolisian Resort (Polres) Maluku Tenggara (Malra) menggandeng  Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan Banser  untuk membantu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat  (Kamtibmas) di wilayah itu.

Dua organisasi pemuda otonom NU ini berkomitmen membantu aparat kepolisian menjaga situasi keamanan di wilayah Kota Tual dan Malra. Ini terungkap saat silaturahmi anggota GP Ansor dan Banser di wilayah itu ke Mapolres Malra pada  Jumat (28/4).

“Komitmen  GP Ansor dan Banser dalam menegakkan amar ma’ruf nahi mungkar tidak diragukan lagi. Karena itu polisi butuh GP Ansor dan Banser untuk membantu tugas aparat,”kata  Kapolres Malra AKBP Agus Riyanto saat  pertemuan itu.

Menurut Agus, bantuan yang diharapkan jajaran kepolisian itu  misalnya, jika mendapat informasi mengenai tindak kejahatan maupun penyalahgunaan narkoba, Kapolres  minta anggota GP Ansor dan  Banser segera menyampaikan informasi tersebut  kepada anggota Bhabinkamtibas maupun Polsek terdekat.

“Bila ada informasi  tindakan kejahatan, perbuatan melawan hukum segera koordinasi. Peran GP Ansor dan  Banser sangat kita butuhkan karena personil polisi masih terbatas,”  ungkapnya.

Agus  menyatakan, menjaga keamanan wilayah tidak hanya tugas polisi. Seluruh lapisan masyakarat termasuk GP Ansor dan  Banser turut berperan. Kebersamaan dalam menjaga keamanan ini akan menciptakan kondisi Malra dan Kota Tual yang aman bagi warga.

Ia juga menyatakan, saat ini  Malra  dan Kota Tual  telah memiliki Satuan Tugas Pemberantasan Pungutan Liar (Saber Pungli). Peran GP Ansor dan  Banser yang tinggal di pelosok desa bisa memberi masukan terkait adanya pungutan liar yang ada di wilayahnya. Semakin cepat informasi itu dikirim maka Tim Saber Pungli segera bergerak melakukan penyelidikan. “Begitu tahu hal-hal yang mencurigakan silahkan lekas melapor,” pintanya.

Harapan Kapolres ini  disambut baik perwakilan Banser Wawan Kurniawan.  Wawan menyatakan, keterbukaan jajaran kepolisian dengan anggota Banser dan GP Ansor  sangat diperlukan untuk membantu tugas aparat. Makanya, lanjut Wawan Banser siap mendukung langkah polisi dalam menciptakan situasi Kamtibmas di Bumi Larvul Ngabal.

“Silaturahmi ini menjadi alat komunikasi antara polisi, Banser dan GP Ansor. Kedepan kerjasama yang baik harus diwujudkan dalam bentuk praktik di lapangan, sehingga berbagai potensi gangguan keamanan di masyarakat bisa diatasi,” ungkapnya. (DIN)