Mensos Serahkan Bantuan Non Tunai Bagi Ratusan Warga di Ambon

by
Mensos didampingi Wagub, Walikota bersama penerima bantuan. FOTO : IAN (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,AMBON-Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa menyerahkan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) non tunai kepada 300 Keluarga Penerima Manfaat (PMK) di Kota Ambon yang  berlangsung di Islamic Center Ambon, Kamis (25/5).

Penyerahan bantuan kepada keluarga harapan ini dihadiri Wakil Gubernur Maluku Zeth  Sahuburua, Walikota Ambon Richard Louhenapessy dan Kadis Sosial Maluku Suranto Pinem. Untuk Tahun 2017, PKH disalurkan dalam bentuk non tunai, setelah sebelumnya dilakukan secara tunai melalui kantor pos. Pemberian bantuan sosial ini diserahkan dalam bentuk buku tabungan dan kartu ATM.

Menurut Mensos, dalam satu satu tahun PKH disalurkan empat kali. Sehingga total bantuan yang diterima warga sebesar Rp1.890.000. Untuk Kota Ambon penyaluran kali ini merupakan yang kedua, setelah sebelumnya dibagikan saat kunjungan Presiden Joko Widodo di Ambon Maret 2017. Mensos Khofifah menyatakan, penyaluran PKH tidak berati kemiskinan di negeri ini bertambah, tetapi upaya memberikan perlindungan sosial sehingga kehidupan lebih baik.

Selain bantuan sosial kepada keluarga harapan, Mensos juga menyerahkan beasiswa kepada 10 siswa berprestasi dari tingkat SD, SMP, dan SMA. Mensos mengatakan, kepada para orang tua yang menerima dana dari keluarga harapan untuk bisa mempergunakannya sebaik mungkin dan gunakan dana sesuai dengan kebutuhan yang ada.  “Uang yang ada di ATM itu boleh ambil, tapi harus sesuai dengan kebutuhan, bulan depan akan dapat lagi tambahan 500 ribu,” katanya.

Menurutnya, uang yang diberikan oleh keluarga harapan itu terlalu kecil, harusnya ada tambahan lagi. Hal ini dilakukan untuk dapat mensejahterakan seluruh masyarakat di Indonesia. “Yang kita inginkan itu hanya untuk sejahterakan masyarakat dan mengurangi angka kemiskinan,” kata Khofifah.

Walikota mengatakan pemberian bantuan sosial ini sangat memberikan stimulan yang luar biasa untuk pemerintah kota maupun provinsi dalam upaya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat ini. “Penyerahan bantuan ini sangat membantu masyarakat kota Ambon untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kota manise ini,” kata Walikota. (IAN/DED)