Pemprov Maluku Gelar Safari Ramadan Untuk Tingkatkan Toleransi Warga

by
Wagub Maluku menggelar rapat terkait Safari Ramadan

TERASMALUKU.COM,AMBON- Pemerintah Provinsi (Pemprov)  bekerjasama dengan Kementerian Agama  dan Panitia Hari Besar  Islam (PHBI) Maluku   akan menggelar Safari Ramadan yang dimulai  pada 1 Juni 2017 di  Masjid Raya Alfatah Ambon. “Kita akan awali Safari Ramadan itu di  Masjid Raya Alfatah dan kemudian berlanjut di daerah-daerah lain,” kata Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua saat ditemui wartawan di Kantor Gubernur Maluku, Senin (29/5).

Menurut Sahuburua, Safari Ramadan tidak hanya dilakukan di Kota Ambon saja, melainkan akan digelar di beberapa kabupaten kota di Maluku diantaranya, Maluku Tenggara, Seram Bagian Timur dan  Kabupaten Maluku Tengah.

Ia menyatakan, Safari Ramadan yang dilakukan untuk  menjaga silaturahmi antara umat dan memelihara toleransi yang saat ini sudah terbangun di Maluku. Lewat kegiatan ini juga Pemprov Maluku akan menyerap aspirasi masyarakat tentang pembangunan di daerahnya. “Saya berharap kegiatan keagamaan seperti ini dapat menjaga toleransi dan silaturahmi di Maluku,” harapnya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama,  Ketua PHBI Maluku Abidin Wakano menyatakan, Safari Ramadan tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. “Safari Ramadan tahun ini tidak dilaksanakan di kediaman pejabat tetapi langsung bersentuhan dengan masyarakat Maluku,” kata Abidin.

Selain Safari Ramadan, ia juga  mengatakan, pada  malam takbiran nanti akan diadakan Festival Beduk di sepanjang Jalan AY Patty Kota Ambon. Sehingga umat muslim langsung bisa merasakan nikmat takbiran. “Takbiran nanti tidak ada bunyi motor dan mobil, melainkan bunyi tifa besuk dan suara takbir,” katanya. (IAN)