UPP Tual Gelar Apel Siaga Posko Angkutan Lebaran

by
Kepala UPP Tual A. Rifai memasang pita kepada anggota Posko Angkutan Lebaran 2017 dalam apel siaga Rabu (7/6). FOTO : (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,TUAL-Dua pekan menjelang Hari Raya Idul Fitri, Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Tual Provinsi Maluku, menggelar Apel Siaga Posko Angkutan Lebaran 2017  yang dipusatkan di Pelabuhan  Tual pada Rabu (7/6).

Apel Siaga Posko Angkutan Lebaran ini dipimpin langsung Kepala UPP Tual A. Rifai.  Apel  Siaga diikuti 65 orang anggota posko, yang  terdiri dari instansi terkait di Tual. Seperti  perwakilan Dinas Perhubungan Kota Tual, Distrik Navigasi, Pangkalan PLP, PT. Pelni, ASDP, KP3, Lanal, Basarnas dan TKBM Tual.

“Saya minta kepada seluruh petugas Posko Angkutan Lebaran melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, siaga selama arus mudik dan arus balik lebaran,” kata A. Rifai kepada Terasmaluku.com, Minggu (11/6).

Rifai  meminta  semua petugas yang tergabung dalam Posko Angkutan Lebaran   agar melayani masyarakat dengan sebaik mungkin  serta tetap berkordinasi dengan sesama petugas Posko sehingga  kegiatan angkutan lebaran di laut dapat berjalan lancar dan aman. “Seluruh petugas Posko Angkutan Lebaran agar menjaga keamanan dan  ketertiban di  pelabuhan selama kegiatan angkutan lebaran  2017 ini,” tutur Rifai.

Ia menegaskan,  pihaknya akan meningkatkan pengawasan pelayaran kapal di wilayahnya. Jika cuaca buruk dan kondisi laut tidak memungkinkan untuk berlayar,  maka kapal tidak diizinkan berlayar.    Tidakan ini untuk menjaga  keselamatan penumpang kapal. Kapal – kapal juga sudah diperiksa kelayakan berlayar.

Rifai menyatakan, sebelumnya Direktur Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) Kementerian Perhubungan, A. Tonny Budiono menegaskan,  Posko Angkutan Lebaran harus disiapkan dengan baik oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Ditjen Hubla terutama pada  52 pelabuhan pantau, termasuk Pelabuhan Tual.

“Saya minta setiap UPT harus dapat menyiapkan penyelenggaraan angkutan laut Lebaran dengan baik, dengan mengutamakan keselamatan pelayaran tanpa kompromi agar pemudik lebaran dapat berjalan dengan selamat, aman, tertib dan nyaman,” kata  Tonny. Hal tersebut juga menjadi slogan Ditjen Hubla untuk penyelenggaraan Posko  Angkutan Lebaran Tahun  2017 ini yakni,  “Pastinya” Pelayaran Aman Selamat Tertib dan Nyaman.  (AS)