Dinas KPD Malra  Bukber Bersama  Komunitas Baca

by
Suasana buka puasa bersama Dinas KPD Malra dengan Komunitas Baca. FOTO : AS (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,LANGGUR-Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (DKPD) Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) menggelar  buka puasa bersama (Bukber) dengan komunitas pembaca di  daerah itu   pada Selasa  (20/6). Hadir dalam Bukber ini, Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Malra, Abdul Hamid Rumra, Komunitas Taman Baca Evav, Pendiri Perpustakaan Mini, Brigadir Polisi Artur Hurulean, Duta Baca tahun 2014 dan masyarakat setempat.

Dalam arahannya, Abdul Hamid Rumra mengatakan, Bukber ini untuk lebih mempererat tali silahturahmi antara Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah dengan pecinta baca maupun masyarakat. “Saya harap kebersamaan ini tetap terjalin. Bukan saja di bulan suci ramadan  ini, tapi akan terus berlanjut sampai seterusnya, demi suksesnya minat baca di Maluku Tenggara,” kata  Rumra.

Pendiri perpustakaan mini di Pasar Langgur, Brigadir Polisi  Artur Hurulean, mengapresiasi buka puasa bersama dengan melibatkan komunitas pembaca, duta baca Malra serta masyarakat itu. Menurut polisi yang bertugas di Polsek Kei Kecil itu, ada nilai positif yang perlu diambil dalam Bukber ini.

“Lewat  buka puasa bersama ini selain mempereratali silhturahmi, juga kita  bisa satukan persepsi untuk mendorong siswa dan masyarakat agar  lebih meningkatkan minat baca di Maluku Tenggara,” kata  polisi yang bertugas di unit Bimas Polsek Kei Kecil itu.

Sementara itu, Duta Baca Malra, Wiwin Fujiati Aswah menilai, minat baca di daerah itu  masih sangat minim. Olehnya itu, dia berharap Pemda lewat perpustakaan daerah lebih banyak memberikan sosialisasi kepada siswa dan masyarakat tentang pentingnya budaya baca.  Sehingga minat baca benar-benar mendarah daging pada siswa dan masyarakat.

“Semua  terpulang dari Pemda mau atau tidak, untuk lebih menanamkan budaya baca pada generasi muda dan masyarakatnya. Karena jujur saya mau bilang, siswa dan masyarakat di Maluku Tenggara minat bacanya sangat kurang sekali. Untuk itu Pemda harus bisa ciptakan inovasi-inovasi baru yang menarik simpatik generasi muda dan masyarakat untuk tingkatkan minat baca di daerah ini,” katanya. (AS)