Wawali Lepas 336  Jamaah Calon Haji Asal Kota Ambon

by
Wawali saat melepas Jamaah Calon Haji Kota Ambon yang berlangsung di Gedung Ashari Alfatah, Selasa (1/8). FOTO : DOK. TERASMALUKU.COM

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Wakil Walikota (Wawali) Ambon Syarif Hadler melepas 336 jamaah calon haji (JCH) asal Kota Ambon yang akan berangkat menunaikan ibadah haji di Tanah Suci  Mekkah, di Gedung Ashari Ambon, Selasa (1/8). Pelepasan ditandai penyerahan manifes JCH dari Wawali kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Ambon M. Rusydi Latuconsina.

Rusydi  mengatakan, jumlah kuota calon jamaah haji yang diberikan untuk Kota Ambon  berjumlah 368 orang, namun yang melunasi biaya haji  secara keseluruhan  hanya 339 orang. “Dari 339 orang itu tiga orang tidak bisa berangkat,  karena  sakit, meninggal dunia  dan sedang hamil. Sehingga yang bisa berangkat itu hanya 336 orang saja,” kata Rusydi.

Ia menyatakan, seluruh proses administrasi dan pemerikasaan kesehatan telah dilakukan oleh seluruh JCH. Namun nantinya dalam proses embarkasi akan dilakukan pemeriksaan kesehatan terakhir lagi. Rusydi juga mengatakan, JCH  tertua berusia  86 tahun atas nama Katarudin Bin Ahmad Luliana dan  termuda berusia 24 tahun atas nama Sri Malinda Putuhena.

Sementara itu Wawali Syarif saat pelepasan JCH   menyatakan, ibadah haji merupakan suatu ibadah yang membutuhkan kekuatan fisik untuk menjalaninya serta  membutuhkan kesungguhan hati untuk senantiasa berzikir kepada Allah SWT. “Menunaikan ibadah  haji hendaknya tidak dimaknai untuk menunaikan hukum Islam ke lima, tetapi harus dimaknai dengan kesungguhan hati  beribadah kepada Allah SWT,” kata Syarif.

Ia menyebutkan, kuota JCH Kota Ambon yang diberangkatkan tahun ini mengalami peningkatan yang signifikan bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Wawali Syarif berharap,perjalanan jamaah calon haji yang berangkat dapat beribadah dengan baik dan bisa kembali ke tanah air dengan selamat. Selain itu juga bisa memberikan pengaruh positif bagi peningkatan kualitas hidup beragama di Kota Ambon.

Pantauan Terasmaluku.com, pelepasan JCH itu berjalan penuh hikmat. Sejumlah JCH tak kuasa menahan sedih saat Wawali yang didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Ambon berjabat tangan  dengan mereka. Satu orang JCH  dilarikan ke Rumah Sakit Al-Fatah karena kondisinya menurun dan jatuh pinsan saat pelepasan itu. JCH asal Kota Ambon tergabung dalam kloter 13 bersama JCH asal Kabupaten  Seram Bagian Barat yang akan diberangkatkan ke embarkasi Makassar pada 4 Agustus nanti. (IAN)