Waria Makarizo, Super Cantik  Ramaikan Gerak Jalan HUT RI di Kota Bula

by
Waria Makarizo, ikut meramaikan gerak jalan indah memperingati HUT RI ke 72 di Kota Bula, Sabtu (12/8). FOTO : LEE (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-BULA-Gerak gumulai regu ini selalu menarik perhatian hingga difavoritkan masyarakat Kota Bula Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT). Mereka adalah kelompok wanita pria (Waria). Regu yang tergabung dalam Waria Makarizo ini, ikut perlombaan gerak jalan kategori dewasa putri,  memeriahkan  HUT Kemerdekaan RI ke 72 yang berlangsung di Kota Bula,  Sabtu (12/8).

Waria Makarizo ini  tampil di urutan akhir sebagai penutup barisan gerak jalan desawa putri itu.  Seperti tahun-tahun sebelumnya, regu Waria ini terkenal membuat sensasi. Selain  mereka kreatif, juga menonjolkan desain kostum yang menarik warga. Kali ini, para Waria ini menggunakan seragam pramugari yang terlihat cantik dan seksi.

Di sepanjang jalan hingga finish di depan jalan protokol Pandopo Bupati SBT, Waria Makario terus  menghibur masyarakat Bula. Koordinator Waria Makario, Dina mengungkapkan,  selain gerak jalan,  kelompoknya  juga  ikut lomba voli putri serta sepeda santai, untuk memeriahkan HUT RI ke 72. Untuk lomba gerak jalan, Dina menurunkan 13 anggotanya dengan menempuh rute yang ditentukan panitia sejauh lima kilometer.

“Kami selalu berinovasi  menampilkan yang terbaik untuk  masyarakat Bula, kami puas jika masyarakat terhibur dengan apa yang  kami lalukan,” katanya.  Dina  mengatakan, keikutsertaan mereka  pada sejumlah even di SBT untuk memperkenalkan kelompok Waria. Meski dipandang sebagai kaum marginal,  namun   mereka ingin mendapat tempat dan berbuat untuk masyarakat SBT.

Dina berharap dengan keikutsertaan mereka di berbagai even, perlakuan  yang kerap diterima, seperti diskriminasi, tidak terjadi lagi. “Jadi inilah kami, meski begini, kami punya kreativitas dan kami tahu masyarakat Bula sangat menyayangi kami,” kata Dina.

Sementara itu, Asisten I Pemerintah Kabupaten  SBT, Moksen Ohorela yang melepas lomba  gerak jalan, mengapresiasi partisipasi peserta yang sangat tinggi. Apalagi tahun ini juga ada sejumlah peserta yang berasal dari kelompok masyarakat. “Lomba ini sangat menghibur dan menambah semarak perayaan HUT RI ke-72 di Kota Bula,” katanya.

Ia menegaskan, SBT  tetap mempertahankan berbagai  kegiatan dalam rangka memperingati HUT RI agar masyarakat dapat merasakan semarak HUT Kemerdekaan dan  memaknainya secara tepat. (LEE)