Pesan Pemerintah di Hari Jadi Provinsi Maluku  ke 72

by
Wagub Maluku dan Sekda Maluku memotong kue ulang tahun Provinsi Maluku ke 72, Sabtu (19/8). FOTO : ALFIAN (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku menggelar upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Maluku ke 72 di halaman  Belakang Kantor Gubernur Maluku, Sabtu (19/8).

Upacara  dipimpin Wakil Gubernur (Wagub) Maluku Zeth Sahuburua. Dalam sambutannya,  Sahuburua menyatakan, 72 tahun Maluku hadir di nusantara dan   peran Provinsi Maluku untuk Indonesia sangat banyak sekali.   Hal ini bisa terlihat dari banyaknya putra putri terbaik Maluku yang telah hadir semenjak masa penjajahan hingga saat ini, berjuang untuk Indonesia.

“Saya sampaikan untuk seluruh generasi Maluku masa kini maupun masa akan datang untuk selalu mengingat pendahulu kita yang telah berjuang mempertaruhkan harta, nyawa dan air mata untuk memperjuangkan negara ini dalam meraih kemerdekaan,” katanya.

Karena itu, lajut Sahuburua, sebagai anak Maluku harus mengenang kembali pahlawan Maluku yang telah berjuang merebut Kemerdekaan Bangsa Indonesia. Seperti Thomas Matulessy, Martha Cristina Tiahahu, Antony Reebok, Said Perintah, Dr. Leimena dan masih banyak lagi yang tidak dapat dihitung satu persatu.

“Saya ingin menyerukan kepada seluruh anak negeri Maluku dan seluruh komponen masyarakat tanpa kecuali untuk menjaga semangat persatuan orang basudara,” ujar Sahuburua.  Ia mengatakan, pada 2018, Provinsi  Maluku akan menggelar Pilkada.

Olehnya itu, manfaatkanlah moment tersebut sebaik-baiknya untuk terus menjaga keamanan dan ketertiban umum di lingkungan masyarakat  masing-masing.   “Kita boleh berbeda pilihan politik, namun kita harus tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa ini khususnya di Maluku,” kata Sahuburua.

Ia juga  mengungkapkan, yang paling penting  adalah terus menjaga kinerja pembangunan Maluku yang pro kemajuan. Sehingga untuk dapat membangun Maluku harus mengembangkan Sumber Daya Maluku (SDM).

“Yang paling penting dari semua itu adalah saling percaya dan saling mendukung dalam membangun daerah ini, dengan kata lain Maluku harus maju dan memiliki daya saing,”katanya.  Sahuburua menambahkan, tahun ini merupakan tahun yang paling penting untuk menata potesi pariwisata Maluku lebih baik lagi. Sehingga, ke depan mayarakat harus mendukung seluruh event untuk memangun pariwisata yang ada di Maluku.

Dalam peringatan ini, Wagub bersama Sekda Maluku Hamin Bin Thahir memotong kue HUT ke 72  Provinsi Maluku untuk dibagikan ke perwakilan aparat sipil negara (ASN). Usai upacara, Gubernur Maluku Said Assagaff dan Wagub Maluku mengikuti Paripurna Khusus di DPRD Maluku dalam rangka HUT Provinsi Maluku. Gubernur menyampaikan pidato dalam rapat paripurna itu. (IAN)