Bupati Buru Buka Pelatihan Kerja  Berbasis Kompetensi

by
Bupati Buru Ramly I Umasugi membuka Pelatihan Kerja Berbasis Kompensasi di Aula Kantor BLK Desa Lala Kecamatan Namlea, Selasa (22/8). FOTO : EDY

TERASMALUKU.COM,-NAMLEA- Guna membentuk generasi muda yang kreatif dan inovatif serta berdaya saing dalam dunia kerja, Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Buru menggelar pelatihan berbasis kompetensi. Pelatihan berbasis kompetensi non institusional kejuruan teknik otomotif motor tempel, kejuruan welding dan kejuruan teknisi instalasi listrik ini dibuka Bupati Buru Ramly I Umasugi di Aula Kantor BLK Desa Lala Kecamatan Namlea, Selasa (22/8).

Pembukaan pelatihan ini  ditandai penyematan   pakaian latihan  kepada perwakilan  peserta. Program peningkatan kompetensi tenaga kerja dan produktifitas ini bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktifitas Balai Latihan Kerja (BLK) Ambon.

Bupati Ramly dalam sambutannya mengharapkan, para peserta serius mengikuti pelatihan sehingga dapat menambah kompetensi dan wawasan  menghadapi era globalisasi yang penuh persaingan.  “Apabila tidak punya kompetensi maka dengan sendirinya akan  tersisikan, namun saya yakin masyarakat Buru adalah pekerja keras, sehingga memiliki kompetensi,” kata Bupati.

Sementara itu, Kepala BLK Kabupaten Buru, Faisal Saanun mengatakan, peserta yang terrekrut dan terdata dalam pelatihan tersebut berjumlah 58 orang. Pelatihan akan berlangsung selama 30 hari. Anggaran pelatihan bersumber dari APBN hasil kerja sama BLK Kabupaten Buru dan BLK Provinsi Maluku.

Ia mengungkapkan, dalam pelatihan tersebut juga tidak mewajibkan  peserta berpendidikan saja, melainkan non pendidikanpun terlibat untuk menambah wawasan, ketrampilan dan kreatifitas. “Kita tidak melihat dari jenjang pendidikan, tetapi harus melihat dari keinginan mereka mau bekerja untuk menambah ketrampilan mereka,” katanya.

Pembukaan pelatihan ini dihadiri perwakilan Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktifitas BLK  Ambon, Ketua DPRD Buru Iksan Tinggapi, Sekretaris Daerah Kabupaten Buru Ahmad Assagaf dan  jajaran SKPD pemerintah setempat. (EDI)