Dua Mantan Gubernur Maluku Dapat Siwalima Award

oleh
oleh
Gubernur Maluku didampingi istrinya berfoto bersama keluarga dua mantan Gubernur Maluku dalam malam penganugrahan Siwalima Award 2017 di Natsepa Hotel, Sabtu (2/9). FOTO : ALFIAN SANUSI (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku memberikan penghargaan karya utama pembangunan kepada mantan Gubernur Maluku Almarhum M.  Saleh Latuconsina dan mantan Gubernur  Karel Albert Ralahalu, dalam ajang Siwalima Award 2017, Penghargaan Anak Negeri yang berlangsung di Natsepa Hotel, Sabtu (2/8) malam.

Latuconsina merupakan penggas  konsep pembangunan gugus pulau di Maluku, sedangkan  Ralahalu  berjasa dalam membangun perdamaian di Maluku. Pemberian penghargaan karya utama pembangunan disampaikan Gubernur Maluku Said Assagaff kepada  kelurga almarhum M. Saleh  Latuconsia, dan keluarga Ralahalu.

“Tadi pak Karel menyampaikan tidak bisa hadir, karena masih di  Malaysia. Beliau  menyampaikan terimah kasih atas penganugrahan ini.  Hal yang sama juga disampaikan keluarga almarhum  Pak Saleh Latuconsina,” kata gubernur saat memberikan  plakat penghargaan Siwalima Award kepada keluarga Latuconsina dan Ralahalu.

Selain dua katagori utama  itu, Pemprov Maluku juga memberikan  penghargaan  Siwalima Award kepada  sebelas kategori di berbagai bidang.  Yakni, Bidang Media dan Informasi kepada  Novi Pinontoan, Pempred  Suara Maluku, Suster Brigita Renyaan di Bidang Perdamaian, Ahmad Umarela di Bidang Sastra dan Budaya, Eliza Kissya di Bidang Lingkungan Hidup, Yayasan Heka Leka di Bidang Pendidikan, almarhum dr. Andi Louhenapessy di Bidang Kesehatan. Bidang Pemuda dan Olahraga kepada  Adyos Astan,  di   Bidang Seni dan Musik kepada  Almarhum. Hein Onisimus Sapury, Bidang Perikanan Wilthimus Maail, dan Bidang Perempuan Yulia Awayakuane.

Saat penganuggarahan itu,  Gubernur Assagaff mengatakan, ia sangat bahagia berada di tengah-tengah para bintang yang ikut memberikan cahayanya menerangi Maluku.  Menjadi pelopor dan pelestari di masyarakat, mendedikasikan hidup  mereka pada pembangunan Maluku.

Olehnya itu, kontribusi putra – putri Maluku terhadap pembangunan dan kemajuan Provinsi Maluku patut diberi apresiasi. “Siwalima Award merupakan penghargaan dari pemerintah daerah yang dipersembahkan kepada anak-anak Maluku yang telah memberikan kontribusi sangat besar kepada Maluku,” katanya.

BACA JUGA :  Handoko, Petani Maluku Yang Tuntaskan Misi 7 Summits Indonesia

Menurutnya, sejumlah orang,  lembaga  penerima  penghargaan adalah pelopor pembangunan dan pelestari kehidupan, bekerja dengan hati serta tekat yang kuat dan telah memberikan manfaat kepada orang banyak dan kemajuan daerah ini.

Dengan penghargaan Siwalima Award ini, Assagaff berharap, memotivasi dan menumbuh kembangkan semangat warga  Maluku lainnya terutama generasi muda agar terus berkarya  dalam  membangun demi kemajuan Maluku.

“Apa yang diberikan hari ini bukanlah akhir dari penghargaan dari pemerintah kepada individu atau lembaga yang berjasa kepada daerah ini. Tetapi ini adalah titik awal dari penghargaan pemerintah daerah terhadap semua karya anak negeri dan akan terus berlanjut setiap tahun sebagai apresiasi untuk setiap prestasi yang dihasilkan anak negeri,” katanya. (IAN)

No More Posts Available.

No more pages to load.