Ribuan Orang Makan Patita di Atas JMP Ambon

by
Ribuan orang makan patita di atas JMP Ambon dalam rangka HUT Kota Ambon ke 442 pada Kamis (7/9). FOTO : (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Ribuan orang menggelar makan bersama atau makan patita di atas Jembatan Merah Putih (JMP) yang membentang di Teluk Ambon pada Kamis (7/9) siang. Makan patita ini dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Ambon ke 442  yang jatuh pada 7 September. Mereka makan bersama usai pelaksanaan upacara HUT Kota Ambon di Lapangan Merdeka.

Ribuan aparat sipil negara (ASN), guru dan siswa mulai dari  SD, SMP hingga SMA dan warga Kota Ambon makan bersama di atas jembatan terpanjang di Indonesia Timur ini. Makanan dibawa guru tiap  sekolah dan ASN, kemudian mereka makan bersama. Makanan yang dimakan beraneka, terutama makanan khas Ambon.

Namun  para peserta makan patita ini makan lebih awal sebelum rombongan Menteri Pendayagunaan Apratur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur,   Gubernur Maluku Said Assagaff, Walikota dan Wakil Walikota  Ambon Richard Louhenapessy, Syarif Hadler tiba di JMP.

Pantauan  Terasmaluku.com, ribuan peserta makan patita itu  memilih makan lebih awal karena lama menunggu kehadiran rombongan Menteri, Gubernur dan Walikota Ambon. Apalagi di lokasi makan patita itu tidak ada tenda,  kecuali tenda khusus untuk para pejabat.

Saat rombongan tiba, warga sudah habis makan patita.  Namun rombongan Menteri, Gubernur dan Walikota menemui warga di JMP. Walikota Richard mengatakan, HUT Kota Ambon adalah HUT masyarakat Kota Ambon sendiri, termasuk makan patita di atas JMP.  Ia menyatakan, ulang tahun ini harus bisa menjadikan Kota Ambon lebih baik lagi.

“Hari ini adalah ulang tahun buat warga Kota Ambon sendiri, kita coba di momentum  ulang tahun ini, rakyat sendiri bisa mengungkapkan suka citanya,” katanya. Menurut Walikota, untuk menjadikan Kota Ambon lebih baik, masyarakat harus punya solidaritas. Tanpa solidaritas menurut Walikota, Ambon sulit berkembang. Karena hanya dengan itu Kota Ambon bisa lebih baik dan berkembang lagi.

Makan patita di atas jembatan yang menghubungkan Desa Poka dan Gagala Kota Ambon dengan panjang 1.140 meter ini merupakan yang pertama kali digelar setelah jembatan ini diresmikan Presiden Joko Widodo pada 2016 lalu. Akibat makan patita ini, JMP ditutup untuk sementara dari kendaraan umum.  Selain makan patita, dari atas JMP juga digelar olahraga  lompat dari atas JMP ke luat. (IAN)