Festival Pesona Bupolo 2017, Dari Trail Adventure ke Danau Rana Hingga Tarik Tambang di Laut

by
Ribuan warga padati Pantai Wisata Jikumarasa Pulau Buru, Minggu (910). DOK. (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Buru kembali menggelar Festival Pesona Bupolo (FPB) II pada Oktober 2017 ini. Berbagai kegiatan dan perlombaan untuk promosi pariwisata digelar di sejumlah tempat di Kabupaten Buru.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buru  Istanto Setyahadi menyatakan, event FPB II tahun ini berbeda dari FPB I Tahun 2016. Di FPB II ini, ada tambahan  kegiatan dan lomba untuk promosi  pariwisata dan menarik wisatawan  berkunjung ke Kabupaten Buru.

Kegiatan diawali dengan Trail Adventure ke  Danau  Rana pada 8 Oktober nanti. Trail Adventure adalah sebuah komunitas pencita motor trail  di Kabupaten Buru yang akan  melakukan perjalanan ke Danau Rana.

Direncanakan Bupati Buru Ramly Umasugi dan Wakil Bupati Buru Amustofa Besan,  akan ikut dalam Trail Adventure ke Danau Rana ini. “Setelah itu, pada 12 Oktober  kegiatan Festival Pesona Bupolo ke II dibuka Pak Bupati dengan kegiatan, Bupolo Adventure Photo Contest,” kata Istanto, Selasa (12/9).

Menurut Istanto, selanjutnya  pada 13 Oktober, akan digelar berbagai kegiatan yakni, kampanye sadar wisata,lomba pukul sagu, lomba kupas kelapa,lomba helan rotan di dalam air atau tarik tambang,rallay perahu layar,lomba mancing,lomba foto selfie instagram dan pesta kuliner. “Kegiatan – kegiatan tersebut sebagian besat  kita pusatkan di Pantai Wisata Jukumarasa,” kata Istanto.

Istanto menyatakan, setelah itu pada 14 Oktober, digelar lomba aquathlon dan hiburan rakyat. Untuk lomba aquathlon peserta berasal dari berbagai kalangan termasuk dari luar Maluku. “Berbagai kegiatan dan lomba  tersebut digelar untuk mengibur masyarakat dan promosi pariwisata di Kabupaten Buru sehingga makin dikenal luas untuk mewujudkan kunjungan wisatan di Buru,” kata Istanto. (ADI)