Atlet Jepang Juarai Etape Masohi- Waipirit, Indonesia Urutan Kedua

by
Pembalap asal Jepang, Hiroshi Tsubaki saat capai finish di Waipirit, SBB dalam lomba balap sepeda internasional, Tour de Molvccas (TdM), Kamis (21/9).

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Pembalap asal Jepang, Hiroshi Tsubaki dari Kinan  Cycling Team asal Jepang memenangkan lomba balap sepeda internasional, Tour de Molvccas (TdM) pada etape IV Masohi- Waipiri, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Kamis (21/9).

Hiroshi masuk finish di Waipirit,depan Pelabuhan Fery, menggungguli pembalap lainnya dengan waktu 3.21.09 detik. Di posisi dua, ditempati pembalap Indonesia, Jamalidin Novardianto  asal Kota Malang dari PGN Road Cycling Team,dengan mencatat waktu, 3.21.12 detik. Dan diposisi ketiga ditempati pembalap Malaysia, Mohammad Izzat  Hilmi, dari tim Sapura, Malaysia dengan perbedaan waktu satu detik dengan Jamalidin.

Etape IV ini berjarak 141,5 kilometer dan diikuti 56 atlet dari berbagai negara dan Indonesia. Finish disambut langung Bupati SBB M.Yasin Payapo dan Sekda SBB Mansur Tuharea. Ratusan warga  yang menyambut pembalap sepeda dari berbagai negara ini sehingga membuat finish etape ini meriah.

Bagi Hiroshi, rute ini relatif mudah untuk dilalui. “Rute ini relatif mudah bagi saya meskipun ada beberapa kali tanjakan panjang, tapi lebih bisa saya lewati ketimbang tanjakan di Etape 3 ketika mau finish (Bandara Wahai),” tutur Hiroshi sebelum Upacara Penyerahan Pemenang (UPP) di pintu Pelabuhan Fery  Waipiri.

Yang baru bagi Hiroshi adalah soal cuaca. “Sepanjang saya mengikuti tour, saya baru sekali ini menghadapi hujan dan itu hampir di setiap etape. Tapi ini tantangan yang menarik,” ungkapnya. Dengan kemenangan Hiroshi ini, Kinan Cycling Team asal Jepang semakin memperkuat posisinya sebagai tim terbaik untuk masa kecepatan atau Team General Classification by Time.

Bupati,bersama istrinya dan Sekda SBB memberikan menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba etape ini. Seorang gadis SBB bernama Imaniar, sempat mewawancarai Hiroshi dengan bahasa Jepang setelah penyerahan hadiah. Dan Hiroshi pun memberikan boneka, maskot TdM yang diterimanya atas  juara kepada gadis itu.

Bupati SBB Yasin, menyebut TdM sebagai kesempatan emas untuk menghidupkan Kabupaten SBB terutama promosi pariwisata, apalagi usia Kabupaten SBB baru 10 tahun sejak dimekarkan dari Kabupaten Maluku Tengah. “Kami berharap lebih banyak lagi pembalap yang ikut dalam ajang Tour de Molvccas ini di tahun depan. Ini agar semakin banyak wisatawan asing yang mengenal wilayah Seram Bagian Barat ini dan tertarik untuk datang,” katanya.

Pada Etape 4 ini, Marcus Culey asal Australia berhasil mempertahankan jersey kuning dengan mengamankan massa waktu dari dua pesaing ketatnya,Jai Crawford asal Australia dan tim Kinan, serta Jesse Ewart asal Australia dan tim 7Eleven – Roadbike Philippines.

Pada Etape terakhir yakni Etape 5, TdM kembali ke Kota Ambon dan Jumat (22/9).  Para pembalap menyelesaikan etape 5 atau yang terakhir. Start akan dimulai di Pantai Namalatu pukul 14.30 WIT dengan jarak 82,9 km dan berakhir di Lapangan Merdeka. (ADI)