Pembalap Australia Ini Calon Juara Bergengsi Tour de Molvccas

by
Atlet balap sepeda asal Australia Marcus Culey

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Atlet balap sepeda asal Australia Marcus Culey menjadi calon juara bergensi event balap sepeda internasional, Tour de Molvccas (TdM) 18 hingga 22  September.

Hingga etape ke IV, Kamis (21/9)  Marcus yang tergabung dalam St. George Continental Cycling Team, Australia ini berhasil mempertahankan jersey kuning, dengan mengamankan massa waktu. Kelas ini merupakan yang bergensi di ajang balap sepeda internasional.

Marcus dengan nomor star 52 ini mengumpulkan nilai tertinggi dari    dua pesaing ketatnya,Jai Crawford asal Australia dan tim Kinan, serta Jesse Ewart asal Australia dan tim 7Eleven – Roadbike Philippines. Marcus memiliki waktu tercepat selama empat kali etape yakni,  13 jam 23 menit 59 detik, dengan total jarak tempuh  sekitar 630 Kilometer (KM).

“Dalam empat etape lomba, Marcus selalu berhasil mempertahankan jursey kuning, dengan total poin tertinggi selama lomba berlangsung,” kata  International Commissaire balap sepeda internasional yang diakui badan sepeda dunia UCI (Union Cycliste Internationale) dan juga Konsultan TeknisTdM, Jamaludin Mahmood, Kamis (21/9).

Ia menyatakan, meski masih ada etape V,  terakhir di Kota Ambon namun itu tidak mempengaruhi perubahan nilai Marcus. Apalagi etape Ambon hanya berjarak 82,9 KM.

Marcus sendiri sering mengikuti lomba balap sepeda internasional di Indonesia, seperti Tour de Lombok, Tour de Bali, Tour de Singkawang  dan Tour de Flores.   Sementara untuk katagori raja tanjakan, King of Mountain bakal diraih Ricardo Garcia pembalap
Spanyol. Ricardo dari tim  Kinan asal  Jepang ini pada setiap etape di Pulau Seram selalu terdepan dalam event olahraga berbasis pariwisata ini.

Setelah berlomba dalam empat etape yang dipusatkan di Pulau Seram, puluhan pembalap dari 16 negara akan menempuh  etape V  terakhir di  Kota Ambon pada Jumat (22/9) pukul 14.30 WIT. Start akan dimulai di Pantai Namalatu pukul 14.30 WIT dengan jarak 82,9 km dan berakhir di Lapangan Merdeka. (ADI)