Hiroshi Jepang, Juara Balap Sepeda Internasional di Ambon

by
Pembalap Jepang, Hiroshi Tsubaki masuk finish awal dalam lomba balap sepeda internasional, Tour de Molvccas (TdM) etape Ambon, Jumat (22/9) FOTO : (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Pembalap asal Jepang, Hiroshi Tsubaki menjuarai etape lima di Kota Ambon, dalam  lomba balap sepeda internasional, Tour de Molvccas (TdM) 2017, Jumat (22/9) sore.

Hiroshi, yang berasal dari  tim Kinan, Jepang ini finish lebih awal di depan Tribun Lapangan Merdeka Ambon  dengan waktu 1 jam  52 menit 33 detik. Di posisi kedua diraih pembalap Malaysia, Mohammad Shahrul  Amin, asal tim Terengganu, Malaysia dengan waktu yang sama, 1 jam 52 menit 33 detik.

Sementara rekan satu tim Hiroshi dari Jepang, Sanghong Park menempati posisi ketiga dengan waktu yang juga 1 jam 52 menit 33 detik. Horoshi juga sebelumnya menjuarai etape V Kota Masohi-Waipirit, Seram Bagian Barat, pada Kamis (21/9).

Etape V atau etape terakhir ini mengambil star di Pantai Namalatu Desa Latuhalat Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon yang dilepas Walikota Ambon Richard Louhenapessy. Pembalap belomba dalam lintasan di  Kota Ambon sejauh 82,29 kilometer (Km). Puluhan pembalap dari 16 negara ini berlomba untuk menjadi pemenang.

Pembalap di Jalan Ay. Patty Ambon

Lomba balap sepeda internasional untuk pertama kalinya di Kota Ambon ini mendapat perhatian luas  dari warga kota. Ratusan ribu warga Ambon dan sekitarnya menyaksikan perlombaan ini. Warga membludak di  jalan – jalan yang menjadi rute perlombaan.

Di sepanjang lintasan, pembalap dari berbagai negara ini disambut meriah warga. Warga bersorak untuk kemenangan peserta. Para penonton juga mengibarkan bendera negara setiap peserta lomba. Dari lokasi star, peserta melintasi sejumlah ruas jalan utama hingga ke Jempatan Merah Putih (JMP), menuju Passo dan kembali lagi ke pusat Ambon lewat  Batu Merah.

Para pembalap mengelilingi pusat Kota Ambon sebanyak tujuh kali,  setelah itu masuk  finish di depan Tribun Lapangan Merdeka Ambon, yang disambut Gubernur Maluku Said Assagaff, Walikota dan Wakil Walikota Ambon Syarif Hadler serta pejabat daerah lainnya.

Upacara Pemenang Perlombaan dilakukan di Gong Perdamaian. Walikota Ambon Richard Louhenapessy menyerahkan hadiah dan mendali kepada tiga pemenang lomba balap sepeda internasional  untuk etape V ini. Setelah  perlombaan, warga berfoto bersama setiap pembalap. (IAN)