Australia – Indonesia Bekerja Bersama Merespon Krisis di Bangladesh

oleh
oleh
Pengungsi Rohingya berjalan di jalan berlumpur setelah melalui perbatasan Bangladesh-Myanmar., Teknaf,FOTO : BBC.COM

TERASMALUKU.COM-Dua staf dari Kedutaan Besar Australia di Jakarta, berkoordinasi secara erat dengan Aliansi Kemanusiaan Indonesia, sebuah koalisi dari 11 organisasi non-pemerintah, termasuk Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah, untuk menilai apa yang dibutuhkan.

Spesialis kemanusiaan Australia dan Indonesia melakukan perjalanan ke wilayah Cox’s Bazar pada  Minggu ini dan bertemu dengan mitra internasional dan lokal. Tim mengunjungi sejumlah kamp dan melihat pekerjaan penting yang dilakukan Pemerintah Bangladesh untuk memberikan bantuan kemanusiaan.

Duta Besar Australia untuk Indonesia Paul Grigson mengatakan bahwa Australia memiliki sejarah panjang bekerja sama dengan Indonesia dalam merespon krisis.

“Kami menghargai hubungan kemitraan kami yang telah lama berjalan, dalam bidang kemanusiaan, dengan Pemerintah Indonesia, Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah,” kata Paul dalam siaran pers Kedutaan Besar Australia di Jakarta yang diterima Terasmaluku.com, Jumat (29/9)..

“Kami akan terus berkoordinasi erat dengan Pemerintah Indonesia dan Aliansi Kemanusiaan Indonesia untuk menangani krisis kemanusiaan yang berkepanjangan di Myanmar dan Bangladesh.”katanya lagi.

Perserikatan Bangsa-Bangsa memperkirakan bahwa lebih dari 500.000 orang yang melarikan diri dari kekerasan di Negara Bagian Rakhine di Myanmar telah menyeberang ke Bangladesh sejak 25 Agustus.  Pemerintah Australia telah menyediakan A$20 juta untuk membantu mengatasi kebutuhan mereka yang terkena dampak krisis. (ADI)

BACA JUGA :  Belgica go Green Aksi Bersih-bersih Lingkungan di Banda Neira