Tiba di Banda Neira, Menteri Susi Langsung Paddling dan Snorkeling

by
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti tos tangan dengan warga dari dalam mobil dalam kunjungan di Banda Neira, Sabtu (21/10). FOTO : DOK (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memulai  kunjungan  kerja (Kunker) di Banda Neira Kecamatan Banda Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, Sabtu (21/10). Menteri Susi mendarat  di Bandara Banda Neira, Sabtu sore  dengan menggunakan pesawat khusus  Susi Air.

Ia disambut  Sekda Maluku Hamin Bin Thahir, unsur Muspika dan warga Banda lainnya. Di bandara itu, Menteri  Susi juga disambut Tarian Cakale dari Negeri Ratu Kota Neira. Menteri  menyimak dan memperhatikan Tarian Cakale yang dipentaskan para  penari itu. “Terima kasih, terimah kasih,” kata Susi saat berjabat tangan dengan penari cakalele. Kunjungan Menteri Susi di Banda Neira ini dalam rangkaian Pesta Rakyat Banda yang digelar sejak 11 Oktober hingga 11 November 2017.

Dengan menggunakan mobil, Menteri Susi menuju Hotel Maulana. Di sepanjang jalan yang dilalui, anak –anak sekolah bersama para guru dan warga menyambut menteri yang selalu menjadi pusat perhatian ini.

Warga juga antusias menyambut kedatangan menteri yang dikenal nyentrik ini. Bahkan sang menteri sempat  mengeluarkan kepala dari mobil yang ditumpanginya sambil tos dan berjabat tangan dengan warga di jalan.

Setelah beristirahat sebentar di hotel, Menteri Susi langsung ke laut. Ia rupanya  tidak sabar lagi dengan keindahan bawah laut Banda. Menteri Susi melakukan kegemarannya, yakni paddling dari hotel ke Teluk Banda Neira hingga ke Gunung Api. Menteri juga snorkeling di lava flow Pulau Gunung Api, salah satu spot diving terbaik di Banda Neira.

“Begitu sampai di Banda Neira, istirahat sebentar di hotel,  Menteri Susi langsung paddling di Teluk Banda Neira dan snorkeling di lava flow Gunung Api,” kata Usman Reza Tuasikal, Panita Pesta Rakyat Banda, (Banda Tourism Board). Sejumlah warga Banda berselfie dengan menteri di  Hotel Maulana dengan latar belakang Gunung Api sebelum ia paddling dan snorkeling.

Sebelumnya, Menteri Susi  disambut Gubernur Maluku Said Assagaff, Pangdam 16 Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo dan Kapolda Maluku Irjen Pol Deden Juhara saat mendarat di Bandara Pattimura Ambon, Sabtu siang. Hanya istirahat sebentar di ruang VIP bandara, Menteri Susi langsung terbang ke Banda Neira.

Berdasarkan agenda Kunker Menteri Susi yang diterima Terasmaluku.com,  dalam kunjungan selama tiga hari  di Banda, sejumlah kegiatan dilakukan menteri. Diantaranya,  Minggu (22/10), menteri akan dikukuhkan gelar adat  mama sambilan luar atau mama Orsiwa luar di Negeri Lonthoir Pulau Banda. Setelah itu, menteri akan mengikuti  prosesi tutup Sasi  Lobser di Lonthoir.

Selepas itu,  Menteri Susi dengan  speedboat menuju Pulau Run. Di Pulau Run, Menteri akan mengikuti peringatan 350 tahun Breda Treaty, Perjanjian Breda  (Pertukaran antara Manhattan dan Pulau Run). Setelah itu, Menteri Susi akan menuju Pulau Nailaka. Di pulau yang dikelilingi pasir putih ini,  Menteri Susi selain makan siang ia  akan melakukan kegiatan pribadi termasuk diving.

Pada Senin (23/10), Menteri Susi  menuju Pulau Hatta untuk buka Sasi kerang lola. Di pulau wisata ini juga, Menteri Susi akan mengambil kerang lola  sambil snorkeling. Akhir kunjungan di Pulau Hatta, Menteri Susi berdialog dengan warga setempat dan makan siang. Senin siang, Menteri langsung kembali ke Ambon dan menuju  Jakarta. (ADI)