Kapolri Tegaskan Tidak Ada Agenda Politik HUT Brimob di Ambon

oleh
oleh
Kapolri Jenderal Tito Karnavian memberikan keterangan pers di halaman Mapolda Maluku,Senin (13/11) terkait kunjungannya HUT Brimob ke 72 yang dipusatkan di Ambon, Selasa (14/11). FOTO : (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Kapolri Jenderal Mohammad Tito Karnavian menegaskan, tidak ada agenda politik tertentu dari upacara peringatan  Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Brimob Polri ke 72 yang dipusatkan di Kota Ambon, Selasa (14/11).

Penegasan ini disampaikan Kapolri menjawab wartawan di halaman Mapolda Maluku usai memberikan pengarahan kepada jajaran Polda Maluku, Senin (13/11) siang. Seperti diketahui  Komandan Korps Brimob Polri Irjen Pol Murad Ismail akan maju dalam Pilgub Maluku 2018.

“Jadi tidak ada agenda politik apapun (HUT Brimob di Ambon). Saya memberikan arahan kepada jajaran anggota Polda tidak ada urusan politik apapun juga, ini murni masalah  kepentingan pengamanan wilayah Indonesia,” kata Kapolri

Kapolri mengungkapkan tahun ini, pihaknya sengaja menggelar upacara peringatan HUT Brimob ke 72 di Kota Ambon dari biasanya di Jakarta. Tujuannya menurut Kapolri, Ambon adalah kota yang sangat strategis menjadi pusat pangkalan gerak untuk membackup daerah – daerah lainnya di Indonesia Timur.

Kapolri menyebutkan di sejumlah wilayah Indonesia Timur yang dekat dengan Ambon yakni, Maluku Utara, Papua memiliki sejumlah kerawanan keamanan. Di Papua, memiliki kerawanan yang tinggi, masalah  Pilkada  belum selesai dan masih adanya kelompok kriminal  bersenjata.

Sedangkan di Maluku Utara juga rawan penetrasi jaringan-jaringan  dari  Filipina Selatan.  “Tempat yang paling strategis untuk mengcover, membackup  wilayah – wilayah itu adalah Ambon. Kalau dari  Sulawesi Selatan terlalu jauh, apalagi Jakarta,” kata Kapolri.

Ambon menurut Kapolri lengkap infrastrukturnya. Di Ambon ada gubernur, ada  Kodam 16 Pattimura serta jajarannya, ada  Polda Maluku dan jajarannya. Sehingga menurut Kapolri jika terjadi gangguan keamanan di wilayah Indonesia Timur, maka pergerakan pasukan termasuk Brimob dari  Ambon ke wilayah – wilayah tersebut.

BACA JUGA :  Menembus Batas Dalam Karya Seni Ambon Art Walk

“Karena sistem manajemen profesional  Polri kalau satu daerah tidak bisa, kerepotan maka akan dibackup daerah lainnya. Sehingga kalau dibackup dari Jakarta terlalu jauh.  Jadi kita bisa tempatkan pasukan di Ambon dalam rangka backup daerah lainnya di Indonesia Timur,” kata Kapolri.

Karena itu menurut Kapolri, tidak ada agenda politik tertentu dari HUT Brimob Polri di Kota Ambon. Upacara Peringatan HUT Brimob ke 72 dipusatkan di Lapangan Upacara Polda Maluku Letkol Pol (Pur) CH. Tahapary Tantui Ambon dengan inspektur upacara Kapolri.

Sejumlah pejabat negara dan menteri  akan hadir dalam upacara perayaan HUT Brimob di Ambon. Dalam upacara akan dimeriahkan berbagai atraksi untuk mengibur warga Kota Ambon.  Sejumlah kegiatan juga sudah digelar sebelum HUT Brimob, diantaranya bakti sosial, fun bike Brimob. (ADI)

No More Posts Available.

No more pages to load.