Walikota Ambon Lantik Raja Negeri Soya

by
Walikota Ambon Richard Louhenapessy melantik Jhon L Rehatta sebagai Raja Negeri Soya masa Bhakti 2017-2023 di Balai Saniri Negeri Soya Kota Ambon, Selasa (21/11). FOTO : ALFIAN (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON– Walikota Ambon Richard Louhenapessy melantik Jhon L Rehatta sebagai Raja Negeri Soya masa Bhakti 2017-2023. Pelantikan Raja Negeri Soya ini berlangsung di Balai Saniri Negeri Soya Kecamatan Sirimau Kota Ambon, Selasa (21/11).

Walikota Richard dalam sambutannya mengatakan, pelantikan raja  ini merupakan salah satu tata kelola pemerintahan, sebagai manivestasi dari peraturan daerah yang ditetapkan DPRD terkait pemerintahan desa atau negeri di Kota Ambon.

“Sampai dengan hari ini, kita masih mendapat masalah di beberapa desa dan negeri, karena kita belum mempunyai peraturan negeri yang mengatur tentang mata rumah parentah,” kata Walikota Richard.

Namun, lanjut Walikota, di Negeri Soya ini masyarakat dan Saniri Negeri telah menetapkan Peraturan Negeri untuk mata rumah parentah. Hal ini dilakukan agar kedepannya masyarakat sudah tidak sulit lagi untuk menentukan kepemimpinan Raja Negeri Soya  selanjutnya.

“Saya sangat berterima kasih sekali kepada masyarakat dan Saniri Negeri Soya  yang telah menetapkan peraturan negeri untuk menentukan mata rumah parentah,” katanya.

Walikota mengungkapkan, negeri dan desa saat ini sangat mendapatkan perhatian yang serius dari pemerintah, karena dalam kepemimpinan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) desa dan negeri itu masuk dalam sebuah kebijakan Nawacita Jokowi.

“Salah satu Nawacita Persiden RI yamg paling penting itu adalah membangun dari pinggiran, karena di wilayah timur sangat mengalami ketertinggalan, terutama pada infrastrukturnya bila dibandingkan dengan wilayah barat,” kata Walikota.

Walikota mengatakan, sejak tahun 2015 pemerintah pusat telah memberikan perhatian serius terhadap masalah pembangunan desa melalui Dana Desa dan Alokasi Dana Desa (DD/ADD). (IAN)