Kota Ambon Juara Umum Pesparawi di Kota Piru

by
Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua menyerakan trophy juara umum Pesparawi X kepada Wakil Walikota Ambon saat penutupan di Halaman Kantor Bupati SBB Kamis (23/11) malam. FOTO : ANTON HUMAS PEMPROV MALUKU

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Kontingen Kota Ambon akhirnya keluar sebagai juara umum Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) X Tingkat Provinsi Maluku di Kota Piru Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) Tahun 2017. Pengumuman Kota Ambon sebagai juara umum dibacakan tim juri saat penutupan Pesparawi X di arena utama Halaman Kantor Bupati SBB, Kamis (23/11) malam.

Kontingen Kota Ambon mendominasi juara hampir di semua katagori yang dilombakan dalam ajang Pesparawi itu. Diantaranya, kategori  Solo anak usia 6-8 tahun, juaranya Kota Ambon.   Solo anak usia 9-12 tahun diraih kontingen tuan rumah Kabupaten  SBB.  Solo remaja putri  diraih Kota Ambon,  Solo remaja putra juga diraih Kota Ambon.

Sedangkan  vocal grup juaranya kontingen Kabupaten Maluku Tenggara Barat. Paduan suara anak dari  Kota Ambon. Juara paduan suara remaja pemuda dari Kabupaten Maluku Tengah. Paduan suara wanita dari Kota Ambon. Untuk  paduan suara pria dari  SBB. Dan paduan suara dewasa campuaran juga  direbut  Kota Ambon.

Perhelatan Pesparawi  yang berlangsung sejak Minggu (19/11) ditutup Wakil Gubernur Maluku (Wagub) Zeth Sahuburua didampingi Bupati SBB Yasin Payapo, Wakil Bupati SBB Timotius Akerina, dan Ketua Lembaga  Pengembangan Pesparawi Daerah (PPD) Maluku Polly Kastanya. Pada acara penutupan ini, Kota Ambon kembali membawa pulang Trophy Juara Umum Pesparawi X Provinsi Maluku.

Dalam penutupan ini, Wagub Maluku menyerahkan Trophy juara umum kepada Wakil Walikota Ambon Syarif Hadler, yang juga Ketua Kontingen Pesparawi Kota Ambon. Pada Pesparawi IX Provinsi Maluku, Kota Ambon juga meraih juara umum. Pada penutupan ini juga, Wagub Maluku menyerahkan Bendera Pesparawi ke Wakil Bupati Kepulauan Aru, Muin Sogalrey, sebagai tuan rumah Pesparawi XI.

Saat pembukaan Pesparawi X oleh Gubernur Maluku Said Assagaff, Minggu (19/11) malam, Walikota Ambon Richard Louhenapessy  menyerahkan Trophy  Juara Umum kepada Ketua Lembaga PPD Maluku Polly Kastanya untuk diperebutkan. Syarif Haderl  sebelumnya juga yakin kalau Kota Ambon bakal merajai perlombaan di semua katagori.

“Saya tidak tau bernyanyi. Tapi melalui pendengaran, saya bisa tau mana yang bisa bernyanyi dengan baik. Dan setelah saya mendengar kalian bernyanyi, saya yakin kalian akan menjadi juara. Saya percaya akan kemampuan bernyanyi yang kalian miliki,”kata Syarif saat mengunjungi kontingen Pesparawi Kota Ambon di Kota Piru sebelum perlombaan. (ADI)