DPD RI Akan Rapat Terkait LIN, DAU dan TN Manusela

oleh
oleh
Komite II DPD RI menggelar pertemuan dengan Gubernur Maluku Said Assagaff di Kantor Gubernur Maluku, Senin (4/12).

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Ketua Komite II Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Parlindungan Purba mengungkapkan, pihaknya pada 14 Desember nanti, akan menggelar rapat di Jakarta, terkait perkembangan Lumbung Ikan Nasional (LIN), ruas jalan di Taman Nasional (TN) Manusela dan Dana Alokasi Umum (DAU) Maluku yang dihitung dari luas wilayah laut Maluku.

Pernyataan tersebut disampaikan Purba, usai pertemuan Tim Komite II DPD RI dengan Gubernur Maluku Said Assagaff bersama sejumlah pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemerintah Provinsi Maluku, Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Maluku dan Maluku Utara serta pihak Balai TN Manusela di Kantor Gubernur Maluku, Senin (4/12).

“Hal yang akan kita bicarakan terkait kabar perkembangan Maluku Lumbung Ikan Nasional (LIN). Untuk ini, secara khusus kita akan melakukan pembicaraan dengan Sekretaris Jenderal (Sekjen) dan Direktorat Jenderal (Dirjen) dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Nanti setelah matang, baru dengan Menteri KKP Susi Pudjiastuti,” terang Purba.

Hal berikut yang akan dibicarakan pada rapat tersebut, menurut Purba, pihaknya mendukung Pemerintah Provinsi Maluku untuk mendapatkan kejelasan nasib terkait pernyataan Presiden Joko Widodo yang berjanji DAU Maluku yang bakal dihitung berdasarkan luas wilayah laut daerah ini. Selain itu menurut Purba,  akan dibahas pula soal status jalan trans Pulau Seram yang melintasi Taman Nasional Manusela.

“Supaya kita bisa mencari jalan keluar seperti apa terkait ruas jalan yang menjadi kewenangan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Maluku dan Maluku Utara, namun berada dalam wilayah Taman Nasional yang merupakan kewenangan Taman Nasional (TN) Manusela itu,” tutur Purba.

Intinya, menurut Purba, pembicaraan ini penting termasuk juga dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, agar mendapatkan kejelasan terkait kerja sama antara Balai TN Manusela dan Balai Jalan, soal ruas jalan yang sangat vital bagi sejumlah kawasan di Pulau Seram itu. (ADI)

BACA JUGA :  Tim tim yang bersaing di Piala Dunia antar klub

No More Posts Available.

No more pages to load.