KPU Kota Tual Bimtek Verifikasi Faktual Parpol 

by
Sofyan Selamat Rahayaan

TERASMALUKU.COM,-TUAL-Menjelang tahapan verifikasi faktual Parpol calon peserta Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) verifikasi  faktual  Parpol yang berlangsung di Hotel Syafira, Rabu (13/12).

Bimtek yang dihadiri komisoner KPU Kota Tual ini dengan peserta tim verifikasi lapangan dan pimpinan Parpol di wilayah Kota Tual. Ketua Divisi Hukum KPU Kota Tual, M Sofyan Selamat Rahayaan mengungkapkan, Bimtek sasarannya kepada tim verifikasi lapangan dan Parpol  untuk membangun kesepahaman saat verifikasi faktual nanti.

“Dengan Bimtek ini kita menyamakan persepsi antara tim verifikasi lapangan dengan Parpol sehingga saat verifikasi faktual berjalan lancar,” kata Sofyan kepada wartawan.  Menurut Sofyan, Bimtek ini juga dalam rangka mengarahkan KPU kabupaten/kota  tetap berada dalam koridor aturan yang berlaku saat verifikasi nanti.

Sesuai jadwal, verifikasi faktual akan dilakukan pada 15 Desember 2017. Namun menurut Sofyan,  berdasarkan UU Nomor 77 Tahun 2017 Pasal 173 ayat 3, Parpol  yang sudah mengikuti verifikasi Pemilu sebelumnya tidak  dilakukan verifikasi lagi. Di Kota Tual dari 14 Parpol yang mendaftar di KPU RI,  ada empat  Parpol yang harus mengikuti verifikasi faktual karena merupakan Parpol baru.

Sedangkan untuk verifikasi yang dilaksanakan pada tanggal 25 Desember akan diikuti oleh 9 Parpol hasil putusan Bawaslu. Dan di Kota Tual terindikasi ada 1 Partai yang tidak diikutkan dalam verifikasi  namun masih menunggu hasil keputusan KPU RI apakah dinyatakan lulus pada penelitian administrasi atau tidak. (AS)