BPJN Upayakan Perbaikan Jalan di Ambon Sebelum Lebaran

oleh
oleh
Jelang Mudik Lebaran, petugas Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Maluku dan Dit Lantas Polda Maluku menggelar inspeksi jalan di Pantai Mardika Ambon, Kamis (24/5/2018).FOTO : DOK. (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Jelang Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri sejumlah ruas jalan di dalam Kota Ambon kondisinya memprihantinkan. Masih terdapat lubang dan genangan air. Sebagian aspal jalan pun rusak dan berbatu. Pada hari biasa kondisi jalan cukup membuat pengendara was-was. Bila tidak hati-hati bisa saja tergelincir. Lalu lintas pun bakal padat dan macet. Pengendara maupun pengguna jalan kerap memperlambat laju kendaraan untuk menghindari lubang jalan.

Seperti di Jalan Pantai Mardika. Lubang lubang besar di median jalan membikin jalur lalu lintas di situ kerap macet. “Salah satu penyebabnya karena genangan air dari penjual ikan yang dibuang ke situ. Akhirnya jalan rusak dan lubang,” kata Ajid Kuneo, dari Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Maluku saat inspeksi jalan, Kamis (24/5/2018).

Kondisi jalan yang rusak dinilainya berpotensi besar menggangu kelancaran warga kota dalam menyambut hari raya lebaran. Pasalnya tiap mendekati hari H, warga ramai mendatangi pasar untuk berbelanja kebutuhan. Jalan di sekitar pasar ikan pun makin macet. Karena itu pihaknya meninjau langsung lokasi jalan bersama beberpa pihak terkait pada inspeksi yang dimulai pukul 09.00 hingga 11.30 WIT itu.

Selain di Mardika, jalan nasional yang rusak akibat fetching atau tambal sulam aspal juga terjadi di Jalan Jenderal Sudirman depan MCM. “Kami juga inspeksi gorong-gorong dekat Pos Brimob di Kapahaha dan saluran drainase di Tantui,” lanjutnya kepada Terasmaluku.com. Berdasar kondisi tersebut pihaknya bakal segera lakukan perbaikan bersama SKPD terkait.

Dana sebesar Rp 1 miliar yang telah dianggarkan bakal dikucurkan untuk segera lakukan perbaikan jalan nasional di Ambon jelang Lebaran. Dirinya mengupayakan perbaikan jalan rampung sebelum hari raya Lebaran dengan berfokus pada jalan di depan MCM, gorong- gorong dan drainase. Ajib menambahkan dana senilai itu memang tak cukup untuk menggarap sejumlah titik rusak dengan maksimal.

BACA JUGA :  Ini Enam Poin Diskusi Dispora Majukan Olahraga Bola Basket di Ambon

 

“Yang kami minta ke pusat itu 6 miliar rupiah, jadi disesuaikan saja,” bebernya.  Sementara untuk Jalan Pantai Mardika yang cukup parah, dirinya tak berani menjamin bakal digarap dalam Bulan Ramadhan. Namun yang pasti, ruas jalan tersebut masuk dalam penganggaran lerjan di 2018.

AKP Endy Desianto, Perwira Urusan Kerjasama Subdit Kamsel Ditlantas Polda Maluku yang ikut dalam inspeksi itu mengakui masih ada ruas jalan yang rusak dan berisiko membahayakan pengguna jalan. “Inspeksi ini untuk membantu kelancaran saat lebaran nanti,” jelas Endy yang terlibat dalam tim inspeksi tersebut. Dirinya tak menampik ruas jalan yang terparah yakni di Jalan Pantai Mardika.

Genangan yang tak pernah kering jadi salah satu faktor kerusakan jalan yang cukup parah.  Bersama dengan BPJN dan Dinas PU Provinsi Maluju juga menemukan sistem drainase yang rusak  dan berakibat genangan air di Jalan Jenderal Sudirman depan Kantor Jasa Raharja.“Inspeksi akan dilakukan lagi, Jumat  esok. Lokasinya arah Passo hingga ke Liang,” katanya. (BIR)

No More Posts Available.

No more pages to load.