KPU Terima Laporan Akhir Dana Kampanye Tiga Paslon Walikota Tual

oleh
oleh
Petugas KPU Kota Tual menerima pelaporan akhir pengeluaran dana kampanye tiga Paslon Walikota dan Wakil Walikota Tual di Kantor KPU Minggu ( 24/6/2018). FOTO : (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-TUAL- Tiga pasangan calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota menyerahkan pelaporan akhir  pengeluaran dana kampanye ke KPU Kota Tual. Ketiga Paslon Walikota dan Wali Walikota Tual yakni nomor urut 1, Yunus Serang-Eva Fransina Balubun (SERASI), nomor urut 2, Adam Rahayaan dan Usman Tamnge (AMAN), serta nomor urut 3, Basri Addly Banjar dan Fadilah Rahawarin (ADIL).

Laporan dana kampanye dimasukan tim sukses tiga Paslon menjelang berakhirnya waktu pelaporan yang ditetapkan  KPU Kota Tual, Minggu (24/6/2018) pukul 18:00 WIT. “Perlu disampaikan bahwa tiga  Paslon telah menyerahkan laporan penerimaan dan pelaporan dana kampanye kepada kami. Yang pertama serahkan pasangan SERASI, yang kedua oleh pasangan AMAN dan yang terakhir oleh pasangan ADIL,” kata Komisioner KPU Kota Tual Sofyan S Rahayaan usai menerima laporan akhir penyerahan dana kampanye di Kantor KPU Tual Minggu (24/6/2018) petang.

Menurut Sofyan setelah menerima pelaporan dana kampanye tiga Paslon, selanjutnya Senin (25/6/2018) pukul 16.00 WIT, KPU Kota Tual akan menyerahkannya kepada Kantor Akuntan Publik (KAP) untuk diaudit. Penyerahan ke KAP akan disaksikan Panwas Kota Tual, tim dari tiga Paslon  dan akan dimonitor langsung oleh pihak KPU RI.

“Laporan dana kampanye tersebut akan diaudit oleh auditor selama 15 hari dan akan diserahkan kembali hasilnya ke KPU Tual. Dan satu hari setelah hasil diterima akan kami umumkan hasilnya. Selain itu tiga  hari setelah hasil diterima akan diserahkan ke masing-masing Paslon,” jelas Sofyan. Menurutnya, hasil apapun yang akan direkomendasikan setelah audit adalah kewenangan lembaga konsultan publik yang telah dipercayakan sebagai auditor. KPU tidak memiliki kompetensi untuk mengatur hasil tersebut.

Apabila dalam proses audit ada Paslon yang tidak memasukkan laporan dana kampanyenya, Sofyan  Rahayaan menjelaskan ada konsekuensi hukum yaitu akan didiskualifikasi terhadap Paslon apabila hasil auditor menemukan laporan tidak wajar. “Tapi saya yakin dan percaya selama ini KPU Kota Tual telah melakukan penguatan dan pendampingan baik itu dalam sosialisasi, Bimtek termasuk juga menghadirkan petugas  KAP memberikan sosialisasi pelaporan dana kampanye kepada tim sukses  Paslon,” katanya.

BACA JUGA :  Relawan Peduli Bencana Halsel Galang Dana di Seram Bagian Barat

Karena itu Sofyan Rahayaan optimis laporan dari tiga  Paslon sudah sesuai. Apalagi berkaca dari pengalaman pada pelaporan awal dana kampanye, laporan penerimaan sumbangan dana kampanye tiga Paslon  tidak ada  masalah baik itu administrasi dan laporan penerimaan berjalan baik dan lancar.”Tapi kami tidak berani berkesimpulan seperti itu selanjutnya nanti kita akan melihat hasil kerja dari auditor,”ungkap Sofyan Rahayaan. (AS)

No More Posts Available.

No more pages to load.