Pemkot Gelar Sosialisasi Penilaian HAM Di Kota Ambon

oleh
oleh
Sekretaris Kota Ambon A.G Latuheru saat memberikan sambutan dalam sosialisasi Penilaian Kota Peduli HAM yang berlangsung di Marina Hotel Ambon, Rabu (29/8).

TERASMALUKU.COM Ambon – Pemerintah Kota Ambon menggelar Sosialisasi penilaian kota peduli Hak Asasi Manusia (HAM) yang berlangsung di Marina Hotel Ambon Rabu (29/8).
Penilaian kota peduli HAM telah dilaksanakan sejak tahun 2012, berdasarkan kriteria yang telah diatur.

Sekretaris Kota Ambon, A.G Latuheru dalam sambutannya mengatakan, berbicara mengenai HAM tentunya semua ingin menghormati dan menghargainya.

“HAM itu harus di Hormati, sebab HAM adalah amanah konstitusi yang harus kita laksanakan,” katanya.

Menurutnya, HAM juga harus dijunjung tinggi karena nilai-nilai kemanusiaan menjadi dasar hubungan antar pemerintah dengan masyarakat.

“Bagaimana Pemerintah dapat menjamin hak politik, ekonomi, sosial dan budaya,” ujarnya.

Ia mengaku, pemerintah juga harus memberikan jaminan kesehatan perlindungan kebebasan beragama dan berkeyakinan.

Ia juga mengatakan, penilaian kota peduli HAM telah dilaksanakan oleh pemerintah sejak tahun 2012 lalu, hal tersebut berdasarkan, kriteria maupun verifikasi yang dilakukan oleh tim dan diatur dalam peraturan menteri Hukum dan HAM nomor 34 tahun 2016.

Ia menambahkan, penilaian kota peduli HAM bukan semata-mata untuk menjadi penghargaan tapi, tetapi bagaimana pemerintah dapat mendorong peningkatan pelayanan publik, serta kepekaan terhadap aspirasi masyarakat.

“Selain itu pemerintah harus lebih peka terhadap terhadap kualitas hidup bahkan hak asasi kelompok rentan seperti penyandang cacat, lansia dan lainya,” katanya. ( IAN )

BACA JUGA :  Tarif Angkot Ambon Naik Capai Rp 1.200 Rupiah

No More Posts Available.

No more pages to load.