15 September, 1.000 Orang Bakal Bersihkan JMP

by
Jembatan Merah Putih (JMP) membentang di Teluk Ambon. JMP dengan panjang 1.140 meter ini menghubungkan Desa Poka dan Desa Galala Ambon, menjadi icon Kota Ambon. FOTO : ADI (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Green Moluccas bakal melakukan gerakan world cleanup day dengan membersihkan pesisir Pantai Rumah Tiga dan Jembatan Merah Putih (JMP) Teluk Ambon pada 15 September 2018 mendatang. Aksi pembersihan ini akan diikuti sebanyak 1.000 masyarakat di Kota Ambon.

“1.000 orang bakal bersihkan sepanjang pesisir Pantai ┬áRumah Tiga dan dibawah JMP dengan melibatkan pemerintah, aktivis, lembaga pendidikan, lingkungan hidup, serta masyarakat umum,” kata Humas Green Moluccas Laura Tanalepy dalam siaran pers yang diterima Terasmaluku.com, Selasa (4/9/2018).

Laura mengatakan, gerakan bersih sampah ini atau work cleanup day ini merupakan gerakan yang menghubungkan masyarakat dan organisasi di seluruh dunia.”Kegiatan ini bertujuan untuk membuat planet ini bersih dan bebas dari sampah,” katanya. Menurutnya gerakan ini pertama kali diinisiasi di Estonia pada tahun 2008 dan saat ini sudah 128 negara yang bergabung dengan target 150 negara.

“Gerakan serempak di seluruh belahan bumi ini lahir dari keprihatinan akan kondisi lingkungan yang kritis akibat sampah,” jelasnya. Ia juga mengatakan, gerakan ini merupakan kampanye positif untuk mengajak masyarakat untuk sadar, peduli terhadap lingkungan. Laura berharap, melalui kegiatan ini masyarakat dapat peduli dan bisa menjaga lingkungannya dengan baik. (IAN)