Agar Tidak Gugup, Ratusan Pelamar PNS Maluku Simulasi Tes CAT

oleh
oleh
Ratusan peserta mengiktu simulasi tes CAT yang digelar BKN Regional IV Makassar di Kantor BKN Perwakilan Maluku, Karang Panjang Kota Ambon, Jumat (28/9/2018). Simulasi tes CAT digelar dua hari untuk menyiapkan kesiapan sebelum tes lolos PNS pada 23 Oktober - 22 November 2018. FOTO : PRISKA BIRAHY (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Memasuki hari ketiga pendaftaran CPNS 2018 di Maluku, ratusan pelamar ikuti simulasi tes CAT di  Kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) Karang Panjang Ambon, Jumat (28/9/2018). CAT atau computer assisted test merupakan tes lanjutan bagi para pelamar PNS yang lolos tahap petama.

Tes tersebut dimaksudkan untuk mengetahui lebih detil kemampuan, pengetahuan dan keperibadian calon pelamar. Dalam simulasi ini, ratusan peserta memulai simulasi tes tahap pertama. Simulasi dilakukan secara online mengikuti tes aslinya. Dari pantauan Terasmaluku.com, sebagian peserta tampak begitu tegang dan bingung.

Peserta hanya diberikan waktu 30 untuk selesaikan 50 soal pada simulasi tes CAT BKN di Kantor Perwakilan BKN Maluku

Sebelum simulasi dimulai, seorang perempuan berdiri dari kursi dan meminta ijin keluar. Dia diketahui ingin mengambil KTP untuk mengisi kolom NIK yang tertera pada kotak dialog yang muncul di layar komputer. Sontak sang pengawas pun tersenyum dan memintanya kembali duduk. Pada simulasi itu, tidak menggunakan NIK asli.

Peserta mengisi sesuai nomor pendaftaran simulasi. Seorang peserta lain pun terlihat mengacungkan tangannya lantaran registrasi di komputer tak berhasil. Penyebabnya, dia tidak mengisi nomor peserta dengan lengkap dalam kolom. Satu nomor terlewatkan olehnya saat simulasi berlangsung. “Kita gugup di dalam. Ya deg degan juga karena baru pertama kali. Tesnya juga pakai computer,” aku Anak Agung Istri Sri Widari, 30 Tahun, salah satu peserta usai simulasi.

Perempuan asal Bali itu menyebut ada sejumlah pertanyaan yang muncul di layar. Masing-masing punya waktu dan bobot nilai berbeda. Simulasi yang berjalan 30 menit itu awalnya terasa berat, namun perlahan dia mampu menuntaskannya. Selain Sri ada pula Putu Wila Susi asal Bali dan Namatemo asal Maluku Utara. Mereka pun tak kalah groginya berhadapan layar komputer. “Bukan takut soal sih, tapi berhadapan dengan mesin. Siapa tahu salah pencet,” ungkap mereka kemudian tertawa lepas.

BACA JUGA :  VIDEO : Ikan Mola Mola Kembali Ditemukan Mati Terdampar Di Teluk Ambon

Simulasi yang digelar oleh BKN Regional IV Makassar itu memang dimaksud untuk menyiapkan peserta jika lolos nanti. Peserta yang kurang siap sering tidak lolos sebagai PNS.  Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Regional IV BKN Makassar, Anna Hasnah Hasaruddin menjelaskan simulasi itu hanya diberikan separuh dari total soal. “Kami hanya kasih 50 soal. Kalau aslinya 100 soal waktu 90 menit,” tutur dia saat memantau peserta simulasi dari ruang control.

Terdapat tiga jenis soal. Yakni tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelejensi umum (TIU) dan tes karakteristik pribadi (TKP). Masing-masing tes punya bobot nilai berbeda. TWK passing grade atau bobot 75, TIU 75 dan TKP 143. Tes keperibadian memang puny bobot paling besar dari dua lainnya.

Menurut Anna, tes itu dimaksud untuk mengetahui loyalitasnya dan kepribadian yang dibutuhkan untuk mengabdi kepada negara. “Di sini yang paling utama kita lihat. Tapi ada juga yang rendah di TKP. Tapi TWK dan TIU tinggi sekali. Itu biasanya karakter orang mandiri dan cuek,” sebut Anna yang lebih dari 9 tahun bertugas sebagai pengawas tes itu. Simulasi di Ambon itu berlangsung dua hari. Yakni hari ini, Jumat dan esoknya Sabtu  (29/9/2018).

Dalam sehari pihak BKN menggelar tujuh sesi yang diisi masing-masing 52 peserta. Sedangkan sesi tes sebenarnya berlangsung selama sebulan. Mulai dari 23  Oktober hingga 22 November. Total ada tiga jenis soal, dengan jumlah 100 soal selama 90 menit. Rencanannya pada saat tes bulan depan, dalam sehari ada lima sesi.

Bagi mereka yang belum sempat ikut simulasi tidak perlu khawatir. Anna mengatakan, BKN memiliki kisi-kisi soal hingga simulasi yang diposting di kanal youtube. “Atau download saja Permenpan Nomor 36 Tahun 2017. Di situ ada bobot nilai hingga soal apa saja yang biasanya muncul. Latihan saja biar tidak gugup,” himbaunya. (PRISKA BIRAHY)

No More Posts Available.

No more pages to load.