Sebelum Bagi, Baiknya Cek Dulu di Aplikasi Deteksi Hoax

oleh
oleh
Tools pada aplikasi Hoax Buster Tools mudahkan pengguna deteksi berita dan foto hoax. FOTO : PRISKA BIRAHY (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Ratna Sarumpaet, aktifis dan pejuang kemanusiaan itu namanya jadi bahasan hangat sepekan ini. Pada linimasa maupun pemberitaan media masa, Ratna dinobatkan sebagai pencipta hoax terbaik. Pasalnya, informasi dia dianiaya hingga bengkak hanyalah isapan jempol belaka. Faktanya, ibu mertua dari aktor Rio Dewanto melakukan operasi bedah plastik.

Anggota Mafindo Ambon Marvin Laurens beserta Ketua Mafindo Ambon Roesda Leikawa terus kampanyekan perang terhadap hoax salah satunya melalui aplikasi tak berbayar bikinan Mafindo, Hoax Buster Tools. FOTO : PRISKA BIRAHY

 

Kabar hoax ini sejatinya bukan kali pertama. Sudah ada banyak kasus berita hoax  yang tesebar luas di Indonesia. Masyarakat dan pengguna media sosial pun telah diminta untuk lebih cerdas menyebrkan tautan. Namun toh masih ada saja yang lolos. Entah itu berupa berita, artikel maupun gambar.

Untuk memudahkannya, sudah ada cara yang lebih mudah, praktis serta ringkas. Masyarakat bisa dengan mudah membedakan antara berita benar dan yang hoax. Mafindo atau masyarakat anti fitnah Indonesia merilis sebuah aplikasi yang bisa mendeteksi berita hoax.“Katong dari mafindo bikin aplikasi ini supaya lebih gampang tahu ini berita hoax atau bukan” sebut Marvin Laurens, anggota Mafindo Ambon saat di temui Terasmaluku.com di rumah komunitas Paparisa Ambon Bergerak (PAB) Senin (8/10/2018) siang.

Dia menjelaskan aplikasi berkapasitas 2,5 megabite itu telah dibuat lama oleh komunitas Independen, non profit yang salah satu fokusnya pada Factchecking dan inovasi teknologi. Pihaknya mengakui penggunanya memang belum banyak. Terutama di Ambon, aplikasi tersebut tak banyak diketahui orang. Padahal perangkat lunak ini amat memudahkan kita untuk mengakses kebenaran pemberitaan.

Cara penggunaannya pun mudah. Kita tinggal mengunduh aplikasi ini secara gratis melalui play store. Mafindo, lanjut Marvin telah bekerjasama dengan google. Segala berita maupun foto dan gambar yang tersebar bisa dicek kebenarannya. Yakni melalui mesin pencarian yang terkoneksi dengan aplikasi bikinan anak negeri itu. “Katong copy paste link berita di dalam kolom pencarian aplikasi. Nanti muncul keterangannya,” jelas dia sambil menunjukkan cara pengoperasian Hoax buster Tools.

BACA JUGA :  Palapia: Unpad Tawarkan Sejumlah Rencana Aksi Komoditas Gugus

URL yang dicurigai itu kemudian ditempalkan pada kolom yang tertera. Mesin pencari langsung memproses dan memberikan jawaban. Nantinya akan muncul keterangan berbagai sumber berita yang asli. Mulai dari tanggal, sumber pertama yang membagikan dan hal-hal terkait. Demikian dengan pencarian gambar. Usai diunduh, kita tinggal mengunggah kembali melalui aplikasi untuk memastikan kebenaran gambar tersebut.

“Ini aplikasi menarik karena ada tools yang beta baru pertama lihat. Katong bisa verifikasi berita atau foto,” tutur seorang pengguna aplikasi Hoax buster Tools, Morika B Tetelepta. Bututh penyesuaian bagi yang baru kali pertama mencoba. Terdapat banyak pilihan tombol yang membantu pengguna untuk mengoperasikannya.

Menurut Morika, aplikasi tersebut ringkas. Sebelumnya, google pernah mengeluarkan aplikasi serupa. Namun dengan mengunduh aplikasi itu diharapkan masyarakat bisa cek dan ricek kebenaran sebuah berita atau foto sebelum dibagikan. (PRISKA BIRAHY)

No More Posts Available.

No more pages to load.