Warga Gusuran di Jalan Jenderal Sudirman Ambon Kembali Berdemo

oleh
oleh
Puluhan warga Jalan Jenderal Sudirman Desa Batu Merah berunjukrasa di DPRD Kota Ambon, Senin (8/10/2018), Dalam aksinya mereka menyatakan menolak penggusuran yang dilakukan Pemkot Ambon dan meminta DPRD memperjuangkan nasib mereka. FOTO : ALFIAN SANUSI (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Puluhan warga yang tinggal di Jalan Jenderal Sudirman Desa Batu Merah Kota Ambon kembali berunjuk rasa di DPRD Kota Ambon, Senin (8/10/2018) siang. Aksi yang diawali dengan long march dari depan SPBU Kebun Cengkeh itu merupakan lanjutan aksi sebelumnya.

BACA JUGA : Menggangu Keindahan Kota Ambon, Puluhan Bangunan di Jalan Jenderal Sudirman Dibongkar

Warga bergerak menuju ke kantor perwakilan rakyat lantaran pembongkaran rumah dan tempat usaha mereka yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon sebelumnya tak ada titik terang. Usai beroarsi sejanak di depan Kantor DPRD, sekitar 70 orang pendemo itu kemudian diterima Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Ambon Rovik Afifudin beserta anggota DPRD lainnya.

Sambil membawa spanduk bertuliskan kekesalan dan tuntutan, warga meminta para wakil rakyat mencari jalan keluar terbaik bagi mereka. Koordinator aksi warga Jalan Jenderal Sudirman, Mansur mengatakan, pembongkaran bukan merupakan hal baru. Namun disisi lain mereka menyayangkan kegiatan itu.

Sebab sebelumnya, Walikota Ambon Richard Louhenapessy pernah berjanji untuk tidak melakukan pembongkaran dan hanya penataan.”Kita tagih janji Walikota Ambon, karena sebelumnya berjanji untuk tidak membongkar tapi menata kawasan ini,” tegas dia.

 

Wakil Ketua Komisi I Rovik Afifudin kepada warga mengatakan, persoalan ini bakal ditangani dengan serius seluruh anggota DPRD Kota Ambon. “Kita akan selesaikan persolan ini dengan cara-cara profesional,” kata Rovik.Ia mengungkapkan, setelah ini pihaknya akan mengundang Balai Jalan, Pemkot Ambon, pemilik tanah warga Desa Batu Merah, pihak-pihak terkait untuk bisa secepatnya menyelesaikan persoalan ini.

Sementara itu Sekretaris Kota Ambon A.G Latuheru saat dihubungi melalui seluler mengatakan, setelah ini tidak akan ada pembongkaran dari Pemkot Ambon sampai persoalan ini bisa selesai. “Saya setuju, untuk saat ini tidak ada pembongkran di Jalan Jenderal Sudirman,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Dua Kelompok Warga di Ambon Terlibat Tawuran, Dua Orang Diamankan

Untuk diketahui puluhan warga yang datang itu menyesalkan sikap dan aksi pemerintah. Ada banyak kejanggalan yang membikin warga bingung. Mereka berharap pemerintah bisa lebih bijak. Pekerjaannya bukan saja soal menggusur tapi membantu warga mendapat lokasi baru untuk berusaha seperti sedia kala. (IAN)

No More Posts Available.

No more pages to load.