Bupati Buru Luncurkan Bupolo Clean Tourism

oleh
oleh
Bupati Buru Ramly Umasugi memberikan sambutan saat launching atau meluncurkan Bupolo Clean Tourism program Dinas Pariwisata Kabupaten Buru yang berlangsung di Pantai Wisata Jikumarasa Kecamatan Liliali Kabupaten Buru, Sabtu (13/10/2018). FOTO : ANTO RADA.

TERASMALUKU.COM,-NAMLEA-Untuk mewujudkan pariwisata Buru yang bersih dan nyaman, Bupati Buru Ramly Umasugi meluncurkan program Bupolo Clean Tourism yang berlangsung di Pantai Wisata Jikumarasa Kecamatan Liliali Kabupaten Buru, Sabtu (13/10/2018).  Peluncuran program ini juga disertai pencangan bulan bakti bersih, destinasi dan gerak masyarakat peduli wisata yang ditandai dengan bersih pantai wisata itu.

Pantai Wisata Jikumarasa

Bupolo Clean Tourism atau Wisata Bupolo Bersih ini merupakan sebuah inovasi dari Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kabupaten Buru Istanto Setyahadi  sebagai upaya strategis berkelanjutan mewujudkan pariwisata Buru yang bersih dan nyaman. “Konsep Bupolo clean tourism ini  dengan strategi membangun wisata berbasis masyarakat. Dengan gagasan inovasi membuat Satgas peduli wisata yang didalamnya terdapat berbagai unsur yakni  pemerintah, TNI/Polri, OKP dan masyarakat tempat destinasi berada,” kata Istanto.

Menurut Istanto tugasnya Satgas peduli wisata ini sebagai motor penggerak untuk  menciptakan destinasi wisata yang bersih dalam jangka pendek. Dan untuk jangka panjang seluruh destinasi di Kabupaten Buru menjadi  destinasi kelas dunia. Istanto mengatakan sasaran program ini adalah merubah mineset dan pola masyarakat yang sering membuang sampah di pantai atau destinasi sehingga pantai menjadi bersih dan indah.

Istanto Setyahadi mengungkapkan, kegiatan ini untuk memberikan edukasi dan penyadaran kepada warga pentingnya menjaga pantai agar bersih. “Pantai yang bersih menjadi daya tarik bagi pengunjung, memberikan kenyamanan bagi pengunjung.Kalau orang terus datang ke pantai maka akan mendatangkan keuntungan ekonomi bagi warga.  Karena itu kami mengajak semua pihak untuk tidak membuang sampah di seberangan tempat,” kata Istanto.

Bupati Buru Ramly Umasugi dalam sambutannya mengapresiasi program inovasi Kadispar Kabupaten Buru ini. Menurutnya program Bupolo Clean Tourism sejalan dengan program pemerintah pusat menjadikan sektor pariwisata sebagai sektor penggerak ekonomi unggulan  negara.

BACA JUGA :  Atlet Asal Kodam Pattimura Ini Lolos ke Kejuaraan Olimpiade Tokyo Jepang, Simak Kata Pangdam

Bupati mengatakan salah satu daya tarik wisatawan berkunjung di suatu daerah karena wisata pantainya. Pantai harus bersih.  Pantai yang bersih membuat pengunjung nyaman berada di pantai. Bupati mencontohkan, Pantai Wisata di Bali tidak terlalu beda jauh indahnya dengan pantai wisata di Maluku. Namun lanjut Bupati  yang membedakan adalah pantai wisata di Bali bersih, dan memberikan kenyamanan bagi pengunjungnya.

“Untuk itu pantai – pantai wisata di Pulau Buru, dan Maluku juga harus bersih dan memberikan kenyamanan bagi pengunjungnya. Dan program Bupolo clean tourism ini harus bisa menjawab itu, harus bisa merubah mineset dan pola masyarakat agar peduli terhadap kebersihan, menjadi masyarakat yang sadar wisata,” kata Bupati.

Pantai Jikumarasa

Bupati mengatakan biota laut di sekitar Pantai wisata Jikumarasa sangat bagus. Salah satu yang membuat wisatawan datang ke pantai wisata adalah keindahan taman bawah lautnya. “Harus kita jaga keindahan dan kebersihan pantai serta lautnya. Warga harus memiliki kesadaran tentang wisata. Kalau wisatawan terus datang di pantai warga juga yang mendapatkan keuntungan ekonomi,” kata Bupati.

Peluncuran program ini dihadiri Ketua DPRD Buru, Ikhsan Tinggapi, Kapolres Buru AKBP Aditya B Satrio, Sekda Buru Ahmad Assagaff serta melibatkan ratusan aparat sipil negara, aparat TNI/Polri dan warga sipil. Kegiatan ini merupakan rangkaian HUT Kabupaten Buru ke 19 dan Festival Pesona Bupolo ke III. Dalam kegiatan ini, para ASN, aparat TNI/Polri dan warga bersama-sama membersihkan kawasan pantai wisata. (ADV)

No More Posts Available.

No more pages to load.