Pemeriksaan Papsmear di Prodia Ambon Dijamin BPJS Kesehatan

oleh
oleh

ADVETORIALAMBON-Indonesia merupakan negara kedua dengan kasus kanker serviks terbanyak di dunia. Jumlah kasus baru kanker leher rahim (serviks) serta kematian yang diakibatkannya terus meningkat setiap tahunnya. Padahal kanker serviks termasuk jenis kanker yang paling bisa dicegah dan disembuhkan dibandingkan dengan jenis kanker lainnya asalkan diketahui sejak dini.

Sebagai bentuk program promotif preventif dan menekan jumlah penderita kanker serviks, BPJS Kesehatan Cabang Ambon bekerja sama dengan Klinik Laboraturium Prodia Cabang Ambon untuk memberikan layanan deteksi dini kanker serviks dengan metode Papsmear kepada seluruh perempuan usia produktif yang telah menjadi peserta JKN-KIS.

“Layanan pemeriksaan Papsmear ini dijamin oleh BPJS Kesehatan, sehingga peserta JKN-KIS tidak perlu khawatir dengan biayanya. Jika hasil pemeriksaan menunjukan peserta memerlukan penanganan lebih lanjut, maka peserta akan dirujuk sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon Afliana Latumakulita, Senin (15/10/2018).

Persyaratan mendapatkan pemeriksaan Papsmear ini cukup mudah, yaitu dengan menunjukan kartu JKN-KIS (BPJS Kesehatan, Askes, KIS) aktif, wanita yang pernah melakukan hubungan seksual, belum pernah melakukan pemeriksaan IVA/Papsmear 1 tahun terakhir, tidak dalam keadaan haid/hamil, pemeriksaan dapat dilakukan 7 hari pasca haid, tidak boleh menggunakan Tampon, Jeli, atau Krim Vagina selama 3 hari sebelum pemeriksaan, tidak menggunakan pencuci (dounche) vagina selama 2 hari sebelum pemeriksaan, dan tidak boleh melakukan hubungan seksual dalam waktu 2×24 jam sebelum pemeriksaan.

“Sebagai penyelenggara program JKN-KIS, BPJS Kesehatan siap meminimalisir angka penderita kanker serviks di Indonesia. Program pemeriksaan Papsmear tersebut merupakan salah satu dukungan BPJS Kesehatan terhadap Implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat sebagaimana tertuang dalam Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017. Dengan melakukan upaya pencegahan sekunder dan deteksi dini melalui program promotif preventif diharapkan meningkatkan kesadaran wanita Indonesia dalam memelihara kesehatan dan mencegah terjadinya gangguan kesehatan atau penyakit serta meningkatkan derajat kesehatan wanita Indonesia,” kata Afli.

BACA JUGA :  Kementerian Pertanian Perkenalkan Umbi Garut Untuk Pangan Hingga Kosmetik

Pemeriksaan Papsmear yang dijamin BPJS Kesehatan ini dilayani di Klinik Lab. Prodia Cabang Ambon Jl. Anthony Rhebok No.I.B-C Ambon. (ADVETORIAL)

No More Posts Available.

No more pages to load.