Mesin Palang Parkir Rusak, 2019 Dishub Ambon Anggarkan Perbaikan

oleh
Robby Sapulette, Kadis Perhubungan Kota Ambon

TERASMALUKU.COM-,AMBON-Mesin palang parkir yang dipasang di beberapa titik di Kota Ambon rusak. Pemberlakuan sistem bayar pun dinilai kurang maksimal. Untuk itu dishub berencana melakukan studi tiru ke Surabaya dan Jakarta untuk penataan parkir elektronik.

Sebanyak empat buah mesin palang parkir dipasang di Kota Ambon. Namun kondisinya kini rusak dan tak berfungsi dengan optimal. Pada beberapa ksempatan palang dan tombol mesin macet dipencet.

Dari pantauan Terasmaluku.com, karcis parkir tidak lagi keluar dari mesin. Mereka yang ingin parkir hanya tinggal memencet tombol hijau agar palang terangkat. Kemudian, mereka tinggal masuk dan mencari lokasi parki terdekat.

Kamera yang dipasang di pintu tiap pintu juga seperti tidak bisa memindai gambar kendaraan yang masuk dan keluar. Padahal perangkat keras itu diadakan untuk memudahkan sistem pembayaran di pitu keluar.

Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Ambon Robby Sapulette mengakui kondisi itu. Empat buah mesin palang parkir rencana akan diperbarui. “Ada dua di pintu masuk dan dua di pintu keluar. Katong akan anggarkan buat perbikan dan bisa aktif tahun depan,” jelas Robby kepada Terasmaluku, Jumat (2/11/2018).

Dia menyebut mesin parkir itu merupakan pengadaan di 2016. Pihaknya baru memasang di pertengahan 2018. Itupun masih dalam tahap uji coba. Tarif parkir kendaraan yang masuk ke kawasan itu pun hanya dikenai satu tarif sekali bayaran.

Artinya kendaraan yang parkir satu jam maupun 24 jam tetap membayar dengan nilai sama. Padahal idelanya tiap jam ada kenaikan nilai parkir yang telah disepakati. “Nah ini juga yang bikin dishub merugi. Katong akan kaji lagi biar bisa maksmial,” tambah mantan Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Ambon itu. Rencananya dishub bakal menganggarkan perbaikan di 2019.

BACA JUGA :  Wagub Malut Lantik Sekda Jadi Penjabat Bupati Morotai 

Namun belum ada rencana menambah jumlah mesin. Menurut dia, akan ada anggaran perawatan mesin dan pembaruan di 2019. Selain mesin di parkiran PUSKUD perbaikan juga dilakukan pada mesin parkir di ACC Paso. Dia menyebut, perbaikan dan penataan parkir berlaku tahun depan dan paling lambat 2020. (PRISKA BIRAHY)

No More Posts Available.

No more pages to load.