Bupati Bursel Resmikan Penanaman Perdana Bawang Merah

oleh
oleh
Bupati Buru Selatan (Bursel), Tagop Sudarsono Soulissa meresmikan penanaman perdana bawang merah bersama 11 kelompok tani di Desa Simi Kecamatan Waesama, Kamis (1/11/2018).

TERASMALUKU.COM,-NAMROLE-Bupati Buru Selatan (Bursel), Tagop Sudarsono Soulissa meresmikan penanaman perdana bawang merah bersama 11 kelompok tani di Desa Simi Kecamatan Waesama, Kamis (1/11/2018). Total dengan penanaman bawang merah itu sebanyak 2.750 KG di lahan tani seluas 3 hektare di Kecamatan Waesama.

Menurut Tagop langkah penanaman oleh pemerintah daerah merupakan hal yang tepat. Itu sebagai upaya peningkatan kualitas ekonomi petani dan hidup warga setempat. “Kami sangat mendukung usaha tani dan ini juga merupakan bukti perhatian pemerintah kepada masyarakat khususnya petani untuk meningkatkan usaha taninya demi meningkatkan ekonomi rumah tangga dari masyarakat,” ujar Bupati.

Umumnya, lanjut Bupati Tagop warga Bursel hanya menanam tanaman umur panjang. Seperti coklat, cengkeh dan kelapa. Namun mereka mau berinovasi dengan menanam tanaman hortikultura sebagai salah satu penyokong roda ekonomi masyarakat.

Untuk itu 11 kelompok tani yang ada bakal mendapat perhatian dari Dinas Pertanian setempat. Hasilnya bisa dijual di sekitar desa. Mereka juga dapat menjual bini tanaman sebagai upaya pengembangan usaha.

Disamping itu, Bupati Bursel dua periode ini, menghimbau kepada seluruh kelompok tani agar tidak saling cemburu melihat hasil dari kelompok lain. “Kalau bisa kemajuan mereka dapat memotivasi agar ke depan semakin baik lagi dalam meningkatkan hasil taninya,” jelasnya. Bupati juga berharap bukan bawang merah saja yang ditanam oleh 11 kelompok ini, namun harus divariasikan dengan kacang-kacangan dan sayur-sayuran.

Sementara itu Kades Simi, Nasir Rumakat dalam Laporannya menerangkan bahwa penanaman perdana bawang merah oleh 11 kelompok ini merupakan hasil keputusan dari musyawara desa yang mengalokasikan anggaran dari dana desa tahun 2018 sebesar Rp.110.000.000. Dengan anggaran dari Dana desa tahun 2018 sebesar Rp.110.000.000 itu, dibagi perkelompok sebesar Rp.10.000.000 dengan target total penanaman bawang merah pada 11 kelompok sebanyak 2.750 KG.(FIK)

BACA JUGA :  Tinjau Lokasi Ambon New Port dan Pusat LIN, Bahlil Lahadalia : Maluku Harus Didorong Sebagai Kawasan Pertumbuhan Ekonomi Baru

No More Posts Available.

No more pages to load.