PTSP Maluku Pelayanan Terburuk SeIndonesia

oleh
Hasan Slamat Kepala Ombudsman Maluku sebut Maluku masuk zona merah dari hasil penilaian pelayanan publik instansi pemerintahan.

 

 TERASMALUKU.COM – Mendekati akhir tahun 2018 catatan buruk kembali diukir Provinsi Maluku. Ombudsman membeberkan hasil penilaian pelayanan publik pada instansi pemerintahan. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Maluku masuk dalam daftar merah pelayanan publik terburuk se Indonesia.

Negara memberikan wewenang kepada ombudsman untuk menilai kinerja tiap lembaga pemerintah. Itu dilakukan sejak 2016 hingga sekarang. Setiap tahun ada indikator penilaian dari berbagai aspek untuk mengetahui kerja di dalam lembaga pemerintahan.

Kepala Ombudsman Provinsi Maluku Hasan Slamat mengatakan hasil penilaian itu langsung disampaikan ke gubernur untuk segera mendapat perbaikan. “Kami pasti langsung sampaikan ke pemerintah provinsi. 2016 sudah 2017 juga kami berikan,” jelas Hasan.

Ada beberapa instansi pemerintah yang punya nilai buruk soal pelayanan ke masyarakat. Mereka diharapkan bisa berinovasi lahirkan pelayanan baru yang tepat dan baik kepada masyarakat. Sayangnya hingga tahun ketiga penilaian pelayanan publik, nama Maluku masih merah, khususnya di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Maluku.

“Kami sudah sampaikan hasilnya. Tapi sampai sekarang tidak ada perubahan sama sekali. Bahkan penilaian terkahir pertengahan tahun tetap merah,” lanjut Hasan. Menurutnya ombudmas pernah melakukan pertemuan tingkat nasional untuk membahas hasil penilaian tersebut. Hasilnya PTSP Provinsi Maluku masuk zona merah pelayanan terburuk se Indonesia.

Padahal gubernur melalui rapat, apel pun pertemuan telah menyampiakan hal tersebut dengan tujuan ada perubahan dan inovasi. Sayangnya hingga tahun ketiga posisi Maluku masih sama pada tangga penilaian pelayanan instansi pemerintah. “Setelah dicari tahu ternyata kepada dinasnya yang tidak mau tahu tentang itu,” bebernya. Sikap acuh kepala dinas terkait yang membikin palayanan makin buruk.

BACA JUGA :  Percepat LIN Maluku, Kantor Staf Presiden Bentuk Pokja Lintas Kementerian

Kini pihaknya tengah berupaya agar pemerintah dan kepala kepala dinas bisa mebawa Maluku sedikit naik level. Dari zona merah ke zona kuning. Dengan begitu pelayanan publik bakal lebih baik dan lancar.(PRISKA BIRAHY)

 

 

No More Posts Available.

No more pages to load.