Gempa 6,5 SR Guncang Maluku Barat Daya, Tidak Berpotensi Tsunami

oleh
oleh
Lokasi gempa. FOTO : Sumber BMKG

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Wilayah Laut Banda diguncang gempabumi tektonik pada Sabtu, 1 Desember 2018 pukul 22:27:22 WIT. Kepala Stasiun Geofisika Ambon Sunardi dalam siaran pers yang diterima Terasmaluku.com menyebutkan  hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki kekuatan M=6,5.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,54 LS dan 128,71 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak  109 km Timur laut Tiakur-Maluku Barat Daya, 261 km Timur Saumlaki-Maluku Tenggara Barat Propinsi Maluku pada kedalaman 152 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat aktivitas subduksi Banda. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi di wilayah Laut Banda ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar naik (Thrust),” kata Sunardi.

Sunardi mengatakan guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di Kota Tiakur-MBD dengan skala intensitas III-IV MMI, Saumlaki-MTB III MMI, Soe dan Atambua-NTT III MMI, Ambon II MMI,  Kalabahi-NTT I-II MMI. “Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut,” katanya.

Namun Sunardi menegaskan hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami. “Hingga pukul 22.40 WIT, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).  Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” kata Sunardi. (ADI)

BACA JUGA :  Bupati/Walikota Ditegur Gubernur Maluku Gara-gara Ini

No More Posts Available.

No more pages to load.