Mudik Gratis, Dishub Siapkan Empat Kapal Perintis dan Dua Kapal Cepat

oleh
Dishub Provinsi Maluku siapkan empat kapal perintis dan dua kapal cepat untuk memberangkatkan warga kota yang ingin mudik ke Darah di Maluku. FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Maluku menyiapkan empat buah kapal untuk memberangkatan pemudik gratis jelang natal 2018 dan tahun baru 2019. Kapal tersebut yakni KM Sabuk Nusantara 106, 87, 103 serta 1 kapal cadangan.

Kali ini dishub berfokus pada memberangkatkan penumpang jalur laut. Yakni untuk membantu warga yang tinggal di lokasi yang jauh atau di pulau-pulau kecil dan memakan waktu panjang jika menempuh perjalanan darat.

“Ini program mudik gratis kepada masyarakat di luar Ambon. Jadi untuk masyarakat agar mudah pulang kampung,” jelas Kadishub Provinsi Maluku, Angki Papilaya saat konfrensi pers di ruang rapat Dishub Maluku, Selasa (11/12/2018).

Tiga kapal perintis itu melayani rute berbeda-beda. KM Sabuk Nusantara 87 misalnya melayani rute, Ambon – Amahai – Serua – Nila – Teon – Bebar – Wulur – Tepa – Lelang – Luang – Lakor – Moa – Leti – Kisar – Arwala – Ilwaka – Lirang. Kapal tujuan ini melewati daerah-daerah terdepan di selatan Maluku yang berdekatan dengan Timor Leste. KM Sabuk Nusantara 87 rencana berangkat pada 20 Desember 2018 dengan kapasitas 700 penumpang. Kapal tersebut akan omit atau meninggalkan pelabuhan wajib singgah dalam trayeknya yaitu Kupang, NTT.

KM Sabuk Nusantara 103 rute, Ambon – Tual – Elat – Molu – Larat – Rumean – Tutukembong – Saumlaki – Adaut – Seira – Dawera – Kraing – Marsela – Saumlaki. Rute perjalanan ini melewati daerah-daerah di Maluku Tenggara juga Maluku Barat Daya. KM Sabuk Nusantara 103 rencana bertolak dari Ambon pada 17 Desember 2018 dengan kapasitas 300 penumpang.

BACA JUGA :  FOTO : Babinsa Nusalaut Bersama Warga Bersihkan Lingkungan

Sedangkan KM Sabuk Nusantara 106 punya rute yang sedikit. “KM ini dideviasikan mengingat kurang kapal kea rah selatan” papar Angky. Pemerintah mendeviasikan rute mengingat jumlah kapal sedikit sedangkan ada banyak warga asal daerah selatan Maluku. Rutenya anatara lain dari Ambon – Larat – Ambon. KM Sabuk Nusantara 106 rencana bertolak dari Ambon pada 16 Desember 2018 dengan kapasitas 300 penumpang.

Untuk kapal cepat yang disipakan adalah KM Ekspres Priscilla 99 rute Tulehu – Amahai yang berangkat pada 19 Desember pagi dan sore hari. Serta KM Ekspres Cantika 99 rute Tulehu – Haria yang berangkat pada 18, 19, 20 dan 21 Desember.

Warga Kota Ambon bisa mendaftar mudik gratis dengan kapal perintis ini mulai Rabu (12/12) besok hingga 15 Desember pukul 10.00 – 16.00 WIT. Pendaftaran di Kantor Dishub Provinsi Maluku kawasan Air Salobar. Sedagkan warga yang ingin menggunakan kapal cepat dapat mendaftar di Kantor UPP Tulehu pada 18 Desember – 21 Desember sesuai waktu keberangkatan.

Dishub pun mengantisipasi lonjakan penumpang atau kelebihan muatan, dengan menyiapkan satu unit kapal. “Tiket sesuai kapasitas kapal. Kalau lebih akan dioper ke kapal cadangan. Ada satu yang kami siapkan,” imbuh dia. Untuk rute, Angki menyebut belum bisa memberi kepastian. Itu disesuaikan dengan kelebihan penumpang nanti. (PRISKA BIRAHY)

No More Posts Available.

No more pages to load.